Tiga Paslon Gubernur dan Wagub Maluku Resmi Miliki Nomor Urut

AMBON (info-ambon.com)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menggelar rapat Pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut bagi pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku. Rapat pleno tersebut digelar di Aula Lantai II Kantor KPU Maluku, Senin (23/9/2024).

Tiga pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Maluku, periode 2024-2029 resmi memiliki nomor urut kandidat.

Ke-tiga Pasangan Calon (Paslon) tersebut yakni, Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanat, mendapatkan nomor urut 03. Kemudian Paslon JAR-MK, mendapatkan nomor urut 01, dan Paslon Murad Ismail dan Michael Wattimena selaku wakil Gubernur mendapatkan nomor urut 02.

Pengundian nomor urut yang berlangsung, Senin (23/9/2024) sekira pukul 16.30 WIT itu di pimpin langsung oleh Ketua KPU, M. Shadek Fuad didampingi jajaran komisioner KPU. Turut di hadiri Komisi KPU RI, Idham Kholip dan dikawal ketat parat gabungan TNI-Polri.

KPU RI. Idham Kholip dalam sambutannya mengatakan, ini adalah bagian terakhir dari tahapan pencalon. Hal itu harus dilewati lewat pengundian. Ini dilakukan berdarkan UU dalam pencalon yang harus di lakukan lewat mekanisme KPU yang berlaku.

“Ia berharap agar proses ini lakukan sesui dengan prosedur secara fer. Dan tidak ada yang bisa mengatahui nomor berapa yang akan pasangan calon dapatkan nomor urut itu. Mereka akan mengatahui nomor urut itu ketiga para Paslon mengambil nomor pengundian tersebut yang telah disediakan oleh KPU,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Maluku, M. Shadek Fuad menagtakan, hari ini kita beranjak di agenda berikutnya yang juga sangat penting adalah berkaitan dengan penarikan undian kemudian nomor urut dari para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Provinsi Maluku yang nantinya sekalian akan menggunakan sebagai nomor urut dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur di tingkat provinsi Maluku.

“Kami memastikan seluruh proses yang ada di tahapan pengundian ini adalah kita lakukan dengan fer dan semua nomor urut yang ada di dalam kotak yang di depan Bapak Ibu sekalian kami yang di depan ini juga tidak tahu nomor yang di dalam berada di posisi mana. Karena nanti akan ada dua mekanisme yang kita lakukan yang pertama adalah pengambilan nomor undian untuk nomor undian untuk antrian pengambilan nomor urut. Dan undian ini dilaksanan murni,” tegas Fuad.

Usia repat pleno dibuka, tepat pukul 15.55 WIT, Paslon Murad Ismail – Michael Wattimena sebagai kandidat terakhir yang tiba di KPU. ke- tiganya di sambut langsung oleh ketua KPU Maluku, M. Shadek Fuad dan komisenior lainnya.

Tepat pukul 16.38, Palson HL-AV, terlebih dahulu mengambil nomor urut undian yang di ambil langsung oleh wakilnya, Vanat, kemudian di susul Paslon MI-MW dan dilanjtukan dengan Paslon JAR-AMK.

Terlihat juga yel-yel dan saling ejek antar penduku dari ke-tiga Palson tersebut. Usai mengambil nomor urut undian dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut kandidat yang di mulai dengan Calon Gubernur, Murad Ismial, kemudian di susul JAR dan terakhir dari Calon Gubernur HL.

Ketiga Paslon pun resmi mendatpakan nomor urut kandidadat Gubernur dan Wakil Gubernur, Paslon JAR-AMK mendapakan nomor urut 01, MI-MW mendapatkan nomor urut 02, dan Paslon HL-AV mendapkan nomor urut 03.

Sebelumnya, KPU Provinsi Maluku sudah menetapkan tiga pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku periode 2024-2029, pada Minggu (22/9) kemarin.

Tiga Paslon tersebut yakni, Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath, yang diusung Partai Gerindra, Perindo, PPP, Gelora, PSI, Partai Buruh, serta PKN.

Kemudian pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail-Michael Wattimena, yang diusung oleh PAN, Golkar, Demokrat, PKB, PKS, PBB dan Partai Ummat.

Lalu pasangan Jeffry Apoly Rahawarin-Mukti Keliobas juga ditetapkan sebagai Pasangan Calon Gubernur – Wakil Maluku, yang didukung oleh PDIP, Nasdem serta Hanura.

Dalam pantauan di lapangan, sebelum Rapat Pleno di mulai, sekira pukul 15.44 WIT, Hendrik-Vanat tiba lebih awal di KPU, didampingi sang Isteri bersama tim koalisis Partai Poltik (Parpol) pengusung dan rombongan. Setelah HL-AV, kemudian di susul oleh Paslon Jefri Apoly Rahawarin(JAR) -Abdul Mukti Keliobas (AMK) bersama Isteri dan Parpol pengusung.

Diketahui, untuk pengundian nomor urut kandidat tersebut diselenggarakan serentak di 11 Kabupaten Kota se-Maluku. (EVA)

Exit mobile version