World Cleanup Day; DLHP-TP PKK Kota Ambon Tanam Pohon dan Bagi Masker

Pelaksanaan puncak World Cleanup Day yang dilaksanakan di Ambon melibatkan TP PKK setempat.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Di World Cleanup Day atau Hari Bersih se-Dunia yang jatuh pada 19 September 2020, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon dan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Ambon melakukan beberapa kegiatan, yakni sosialisasi tentang memilah sampah, menanam 100 bibit pohon rambutan dan membagi 500 masker di 2 lokasi yakni, Kelurahan Batu Meja-Kecamatan Sirimau, dan Negeri Laha- Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Kegiatan sosialisasi memilah sampah dilakukan dalam bentuk bermain game dengan melibatkan anak-anak di Laha. Sementara 50 bibit pohon rambutan di tanam di Kelurahan Batu Meja, dan 50 anakan di Negeri Laha. 2 kampung yang disebutkan ini, sementara disiapkan menjadi kampung iklim karena masyarakatnya mandiri dalam pengelolaan sampah.

“Pelaksanaan world cleanup day dilakukan dengan melakukan penanaman bibit rambutan, dan pembagian masker bagi anak-anak sekitar, mengingat saat ini kota Ambon masih dalam zona merah protokol kesehatan, pasalnya Kota Ambon saat ini masih sehingga kita mengedukasi anak-anak untuk memakai masker juga,”kata

Kepala DLHP, Lucia Izack kepada wartawan di Laha, Sabtu (19/9/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya melakukan kegiatan untuk menggerakan masyarakat untuk bagaimana cara memilah sampah dari rumah, apalagi sampah rumah tangga.

“Masyarakat di edukasi untuk memahami bagaimana cara mengelola sampah organik dan sampah non organik. Kemudian sampah non organik itu bagaimana dilakukan pada kegiatan tersebut,”jelas Izack.

Selain itu, Negeri Laha merupakan desa binaan DLHP dan mempunyai atensi besar dalam mengelola sampah.

“Negeri Laha memiliki potensi infrakstruktur bank pengelolaan sampah, ini sangat luar biasa artinya masyarakat Negeri laha sudah menyadari betul bahwa sampah itu punya potensi ekonomi sampah itu hebatnya di sana. Untuk itu, diharapkan TP-PKK bersama Kami bisa mewujudkan desa, kelurahan mandiri dalam pengelolaan sampah,”kata Izack,”akuinya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Ambon, Debby Louhenapessy memberikan apresiasi kepada DLHP yang sudah melakukan suatu kegiatan dengan satu inovasi yang baru.

Dikatakannya, saat ini, masyarakat sudah bergerak bersama untuk peduli sampah  secara swadaya juga perusahan-perudsahaan yang sudah memperhatikan lingkungan sekitar.

Terkait pandemic COVID-19 saat ini, pihaknya berharap para orang tua, anak-anak jika keluar rumah harus memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

“Jadi bukan saja kegiatan hari ini, tetapi saya berharap akan di lakukan di tempat yang lain lagi, juga kepada masyarakat sekitar untuk bisa kerjasama dalam mengelola sampah baik itu di lingkungan sekitar maupun di luar lingkungan,”harapnya.(EVA

Exit mobile version