Widya Pimpin Upacara Pembukaan Penguatan Pendidikan Karakter Pramuka Yosep Kam

Widya Murad Ismail saat membuka kegiatan Pramuka Gudep Yosep Kam, Jumat.-ist-

AMBON(info-ambon.com)-Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Daerah Maluku Widya Pratiwi Murad, memimpin secara langsung Upacara Pembukaan Penguatan Pendidikan Karakter Kemah Bakti Pramuka Gugus Depan Yosep Kam Pangkalan SMA Kristen Yayasan PKPM Ambon, pada Jumat (28/4/2023).

Pada Upacara tersebut Widya juga turut bertindak selaku Inspektur Upacara, dan bertindak selaku Pemimpin Upacara D. Timisela, turut serta juga dalam upacara tersebut oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Ketua Dharmawanita Persatuan Provinsi Maluku, Kepala Yayasan PKPM, Kepala Sekolah SMA Kristen YPKPM Ambon, serta 320 siswa Kelas X dan XI dari kelompok Gugus Depan Yosep Kam.

Widya dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kepramukaan yang tidak lekang oleh zaman, karena dibalut dengan berbagai aktivitas-aktivitas menarik dan penuh pengabdian kepada masyarakat.

“Kwartir daerah Maluku memberi dukungan terhadap kegiatan anggota muda, demi terciptanya pembentukan karakter berdedikasi, penambahan wawasan, dan keterampilan juga mempersiapkan diri sebagai kader-kader penerus bangsa.” Terangnya.

Ketua Kwarda Maluku itu juga menjelaskan, kegiatan kemah bakti ini adalah media untuk mengarahkan anggota Gerakan Pramuka Maluku, khususnya Pramuka Penegak dan Pandega untuk terus peka terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, sebagaimana yang telah diikrarkan melalui Tri Satya, dan janji inilah yang harus dipedomani dalam menjalankan aktivitas keseharian kita.

“Janji kita yang pertama yakni akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila, merupakan tiang utama dalam menyangga kekuatan, keimanan, dan berjiwa nasionalisme.” Jelasnya

Ia menambahkan, untuk janji yang kedua yakni, menolong sesama dan ikut serta membangun masyarakat, merefleksikan jiwa sosial yang murni, tulus, ikhlas, dalam membantu sesama, karena hal membanggakan inilah yang sedang kakak-kakak coba galakkan.

“Menepati dasar dharma merupakan dasar-dasar kebajikan yang wajib dimiliki setiap anggota pramuka, semua poin tadi bertujuan untuk meningkatkan peran anggota pramuka dalam menghadapi era digital yang semakin transparan.” Ujarnya.

Widya juga mengharapkan, anggota pramuka khususnya anggota muda, dapat memainkan peran duta perubahan perilaku sebagai bentuk filterisasi terhadap pengaruh-pengaruh buruk lingkungan dan perkembangan jaman.

“Mengingat pentingnya peran anggota muda, maka saya titipkan harapan kepada kakak-kakak pengurus kwartir maupun pembina gugus depan dapat memberikan perhatian lebih terhadap anggota muda. Pupuk terus semangat berkarya pramuka penegak dan pandega untuk memajukan bangsa dan negara.” Tegasnya.

Dirinya juga menghimbau, untuk anggota dewasa Gerakan Pramuka Maluku agar tidak jenuh-jenuhnya mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan kepramukaan, mendorong setiap unit untuk lebih selektif dalam merencanakan program atau kegiatan dan meningkatkan kreatifitas serta profesionalisme saat melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Kegiatan tersebut diawali dengan tarian penyambutan, pengalungan selendang, dan dilanjutkan dengan atraksi kolone tongkat oleh Anggota Pramuka Gugus Depan Yosep Kam, dan peninjauan Lokasi Kegiatan oleh Kakak Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Daerah Maluku Widya Pratiwi Murad. (*/PJ)

Exit mobile version