Wawali: Pesparawi adalah Pesta Iman kepada Tuhan

Wakil walikota Ambon, syarif Hadler saat membuka Pesparawi tingkat kecamatan Baguala.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Teluk Ambon Baguala, menggelar lomba banding nyanyi tahun 2019, dengan sorotan tema “Bersekutu, Bersaksi, Memuji dan Memualiakan Tuhan” dan sub tema dengan penyenggaraan Pesparawi tingkat kecamatan dan kota Ambon kita wujudkan Ambon city of musik menuju kota musik dunia.

Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler dalam sambutannya saat membuka even itu menyampaikan, Pesparawi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan iman kepada Tuhan yang Maha Esa.

“Seni dan budaya seharusnya mampu memberi arah bagi perwujudan identitas lokal yang sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya dan nilai keagamaan sebagai media sosial. Menyadari bahwa masyarakat kita adalah masyarakat yang beragama, maka nilai-nilai keagamaan dan pengembangan seni budaya keagamaan, perlu dikedepannya sebagai kontribusi bagi pemantapan jati diri. Karena pesparawi memiliki makna yang penting yakni untuk meningkatkan kualitas iman kita,” kata diruang aula Sekolah Pertanian Provinsi Maluku, Kamis (10/10/2019).

Dalam konteks internal imat percaya Kristen Protestan, kegiatan Pesparawi dapat menjadi sarana bagi upaya perwujudan kerukunan internal di antara sesama umat.

“Nilai-nilai utama yang menjadi fondasi pesparawi akan dapat diwujudkan sebagai salah satu spirit pembangunan keagamaan kedepan. Oleh sebab itu, hindarilah berbagai perbedaan dengan membangun rasa saling percaya diantara sesama peserta lomba dengan panitia dan juri,”ungkap Handler.

Orientasi yang keliru, lanjut dia, dengan menjadikan juara sebagai simbol utama kesuksesan harus kesampingkan, karena juara maupun hadiah hanyalah bonus, namun jauh lebih penting adalah meningkatnya kualitas spiritualisme dengan mewujudkan nilai-nilai hidup yang harmonis, penuh toleransi antar umat beragama.

Ketua Lembaga Pesparawi Kota Ambon Pdt Dominggus Mayaut dalam sambutannya juga menyampaikan, walaupun kita masih dilanda fenomena alam berupa gempa bumi yang hingga sampai tadi juga masih terjadi beberapa gempa, namun kita harus yakin dan percaya bahwa Allah itu bertahkta diatas puji pujian. Lomba banding nyanyi atau pesparawi adalah sebuah program pemerintah atau program nasional sebagi wujud persatuan kesatuan bangsa. Kita ada di dalam memajukan budaya. Ada istiadat dan agama_

Disebutkannya, tahun 2019 ini kita lebih fokus kepada lomba banding nyanyi ditingkat Kecamatan maupun kota Ambon. Dan untuk Kecamatan Baguala ini merupakan kegiatan dari 5 kecamatan di Kota Ambon sekaligus persiapan kontingen kota ini untuk menuju ke tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Desember nanti.(EVA)

Exit mobile version