Wattimena: Peringatan HAN 2023 Jadi Momentum Perlindungan Anak di Kota Ambon

AMBON (info-ambon.com)- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Kota Ambon tahun 2023 dengan sorotan tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”. Peringatan HAN tahun 2023 dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Ambon, Sabtu (29/7/2023).

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyampaikan, peringatan HAN tahun 2023 merupakan momentum penting untuk mengingatkan kita untuk memberikan perlindungan bagi anak-anak Kota Ambon. Upaya membangun karakter anak merupakan kewajiban berkelanjutan, juga pemenuhan hak-hak anak merupakan jaminan kesediaan sumber daya manusia yang unggul di Kota Ambon dan Indonesia di masa yang akan datang.

“Pemerintah pusat telah mencanangkan Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang. Indonesia emas tahun 2045 yang datang akan dipimpin dan dikelola oleh anak-anak yang berkualitas. Jadi 22 tahun mendatang, anak-anak ini akan menjadi tulang punggung negara Indonesia di tahun 2045. Oleh karena itu, anak-anak ini musti dibina, di didik agar menjadi cerdas, berkualitas, integritas dalam menggapai masa depan bagi Ambon dan Indonesia,” katanya.

Disebutkan, peringatan HAN mengingatkan kita selaku orang tua, pemerintah, dunia usaha, media untuk memberikan ruang yang cukup untuk terus mengembangkan karakter dan intelektual anak-anak ini.

“Pemkot Ambon terus berupaya untuk melindungi anak-anak, setiap anak harus mendapatkan hak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik maupun mental maupun sosial,” terangnya.

Dimana, lanjut Wattimena, pada 23 Juli 2023 lalu, Kementerian PPPA memberikan penghargaan Dafa award 2023 kepada forum anak Kota Ambon terbaik se-wilayah Indonesia Timur. Juga kenaikan peringkat Kota Layak Anak (KLA) dari pratama menjadi madya.

“Tentu prestasi ini tidak saja membanggakan, bahagiakan kita tetapi menjadi sebuah kesan untuk bekerja keras dan berbuat baik bagi anak-anak, karena peringkat maupun award bisa didapat menjadi faktor pemicu semangat bagi kita untuk terus memastikan anak-anak di Kota Ambon terlindungi.

Sementara itu, Kepala DP3AMD Kota Ambon, Meggy Lekatompessy menambahkan, peringatan HAN Kota Ambon tahun 2023 merupakan momentum penting mengunggah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa dalam pemenuhan hak anak terkait hal hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai tata dan martabat kemanusiaan. (EVA)

Exit mobile version