Warga RT 035 Halong Kerja Bakti demi Kesehatan Lingkungan

Bersih lingkungan untuk kesehatan bersama di RT035 Halong.-JR-

AMBON(info-ambon.com)-Sebagai upaya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, warga masyarakat RT 035/12 Negeri Halong Kecamatan Baguala Kota Ambon, melaksanakan kerja bakti berupa bersih-bersih lingkungan, Minggu (19/7/2020). Kerja bakti ini melibatkan kaum lelaki, baik yang remaja, pemuda maupun orang tua.

Kerja bakti bersih-bersih lingkungan ini dipimpin langsung oleh Ketua RT 035/012, Jhon Rikumahu didampingi sejumlah perangkat RT yang ada disana. Fokusnya adalah melakukan pembersihan lingkungan dan saluran-saluran air yang tersumbat, terutama saat musim penghujan ini.

“Kerja bakti bersih-bersih lingkungan ini juga dimaksudkan sebagai langkah antisipasi mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), serta tentunya Pandemik COVID-19 yang sementara terjadi saat ini,” kata Rikumahu.

Dia sebutkan, dengan adanya kerja bakti ini, maka lingkungan akan menjadi bersih dan sehat. ‘’Jika lingkungannya sudah bersih, maka tentu masyarakatnya juga akan sehat. Kita konsen di COVID-19, tetapi DBD juga sementara mengancam kita,” jelasnya.

Menurut, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah kecelakaan di musim penghujan ini, adalah dengan membersihkan jalan setapak dari lumut. Serta membersihkan saluran air yang tersumbat dan rumput liar yang tumbuh sepanjang jalan warga.

“Kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk merekatkan kembali kebersamaan antar warga di RT ini. Juga sebagai bagian dari partisipasi warga menyambut PSBB Transisi di Kota Ambon,” terangnya.

Dalam menghadapi cuaca yang ekstrem ini, Rikumahu juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, serta tidak keluar rumah jika memang tidak ada keperluan penting, sebagai upaya memutus mata rantai COVID-19 di Kota Ambon. (PJ)

Exit mobile version