Warga Kota Ambon Diminta Waspada Bencana

AMBON (info-Ambon.com)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon Demmy Paais, meminta warga Kota Ambon untuk lebih waspada terhadap bencana karena saat ini Ambon sudah memasuki musim penghujan. Untuk masyarakat yang tinggal di kawasan bantaran sungai, lereng gunung maupun lokasi rawan bencana lainnya.

Menurutnya, pada musim penghujan, lereng gunung maupun bantaran sungai lebih sering terkena bencana terutama longsor dan banjir. “Untuk itu masyarakat yang tinggal di bantaran-bantaran sungai, yang tinggal di lereng-lereng bukit, daerah terjal tinggi supaya mereka bisa waspada dengan kondisi alam saat ini,” ujarnya di Ambon, Sabtu, (23/5/2020).

Untuk musim penghujan sendiri, pihaknya telah berkoordinasi dengan BMKG Kota Ambon karena daerah ini sudah memasuki musim penghujan dengan intensitas curah hujan yang tinggi. “Kita koordinasi dengan BMKG bahwa bulan Mei, musim penghujan dengan intensitas curah hujan bisa tinggi, bisa sedang,” tutur Paais.

Pihaknya meminta warga Kota Ambon masyarakat harus dapat melakukan evakuasi mandiri ke tempat-tempat yang lebih aman. “Apabila curah hujan yang sangat tinggi, masyarakat sudah harus bisa melakukan evakuasi mandiri di tempat-tempat yang dianggap aman, apalagi warga yang tinggal di titik-titik longsor itu harus waspada,” tambahnya.

Untuk titik lokasi yang rawan bencana di Kota Ambon, akuinya yaitu Kecamatan Sirimau dan Kecamatan Teluk Ambon. “Titik longsor yang paling banyak itu di Kecamatan Sirimau, Kecamatan Teluk Ambon seperti kawasan perumahan Wayame sering longsor di situ. Sedangkan banjir kebanyakan stay di kota juga dengan kawasan Batu Merah, Skip danTanah Tinggi itukan daerah-daerah langganan banjir, Soal masalah banjir dan longsor inikan sudah merupakan langganan di Kota Ambon setiap tahun ketika musim hujan,” terangnya.

Dengan begitu, masyarakat harus siap siaga dan melaporkan informasi terjadi bencana kepada BPBD untuk segera ditangani. “Kita punya layanan pengaduan di facebook BPBD, bisa hubungi BPBD dengan nomor-nomor kontak yang ada. Posko BPBD bisa menghubungi nomor kontak 0811476333. Sekretariat bisa hubungi nomor kontak 08114790173,” tutup dia. (IA_EVA)

Exit mobile version