Walikota Serahkan Bantuan Renovasi Rumah bagi 186 KK di Ambon

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyerahkan secara simbolis bantuan renovasi rumah bagi KBR di Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sebanyak 186 rumah untuk di renovasi maupun rehabilitas dengan standar  yang ditetapkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

186 rumah yang akan  renovasi maupun rehabilitas berasal dari 10 desa yang berada di Kota Ambon. Penyerahan bantuan secara simbolis berupa buku tabungan Bantuan Rumah Swadaya (BRS) dilakukan lansung Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, di Hotel Elisabet, Jumat (2/8/2019).

Walikota Sampaikan, bantuan dari Kementerian PRKP, dan tahun 2019 masing-masing rumah atau Kepala Keluarga (KK) sebesar Rp17.500.000, yang terbagi untuk pembelian material sebesarRp15 juta dan Rp2.5 juta untuk upah kerja.

Disebutkannya, untuk renovasi dan rehabilitasi bagi MBR ini, sebelumnya sudah dilakukan survei oleh Dinas PRKP Kota Ambon.

Dijelaskan, dalam pekerjaan renovasi maupun rehabilitasi akan dipantau terus oleh dinas, dan diharapkan jika semuanya berjalan baik, maka tidak menutup kemungkinan tahun depan, Kota Ambon bisa mendapatkan bantuan lagi.

‘”Saya minta nanti dinas lakukan pemantauan secara rutin, sehingga bantuan itu diperuntukan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai mereka dapat uang lalu bikin yang lain, akhirnya rumahnya kelihatan taka da perbaikan,’’ pintanya.

186 rumah yang mendapatkan bantuan ini, bukan berdasarkan undi, namun berdasarkan indikator-indikator yang ditetapkan, dan semuanya transparan.  Salah satu indikator penting adalah soal kepemilikan tanah dan rumah sendiri dan bukan sewa.

‘’ Penerima bantuan adalah mereka yang telah lolos dalam berbagai tahapan, baik administrasi maupun teknis, yang dilakukan oleh tim teknis dan tenaga fasilitator lapangan,’’ tegasnya.

Walikota pada kesempatan itu, memberikan apreseasi yang tinggi atas kinerja Dinas PRKP Kota Ambon yang mampu mendapatkan award atau penghargaan dari pemerintah pusat sebagai kota dengan kinerja terbaik pelaksana DAK Tahun 2018 Bidang Perumahan Rakyat se wilayah timur Indonesia. (EVA)

Exit mobile version