Walikota: Satu Kehormatan Bagi Kota Ambon Jadi Tuan Rumah API Award 2023

AMBON (info-ambon.com)- Penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards ke-8 tahun 2023 di Kota bertajuk manise menjadi satu kehormatan bagi Kota ini.

Sebelum puncak pelaksanaan malam penganugerahan tersebut, dimulai dengan kegiatan expo-activity dengan melibatkan sejumlah UMKM dan IKM dikawasan lapangan Pattimura Park, Ambon, Senin (30/10/2023).

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten III Sekot Ambon, Robby Sapulette memberikan mengapresiasi atas penyelenggaran agenda tersebut serta satu kehormatan lagi lembaga API Awards 2023.

“Tentunya Pemkot sangat berterima kasih atas penyelenggaran malam puncak API ini. Kita tahu sendiri bahwa jarang sekali Kota Ambon jadi tuan rumah bagi ajang bergensi itu,” ungkapnya.

Dijelaskan, melalui penyelenggaraan ajang API ini dapat memberikan edukasi kepada sektor pariwisata yang ada di daerah, dan dapat mengajak berbagai pihak untuk ikut berperan aktif dalam meningkatkan kepedulian mempromosikan daya tarik wisata, mulai dari desa, negeri dan kelurahan dalam berbagai produk wisata.

“Kami sungguh berharap melalui penyelenggaraan ajang API tahun ini, dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pariwisata baik dari sisi destinasi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi kreatif di Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon. Serta penyelenggaran API ini juga dapat mewujudkan perubahan yang lebih baik dalam memajukan pariwisata di Indonesia, khususnya Kota Ambon, dan Provinsi Maluku secara umum,” paparnya.

Dikatakan, Provinsi Maluku khususnya Kota Ambon, juga bakal masuk dalam malam penganugerahan API itu.
“Kita harus tunjukan terbaik kepada para nominator, meski Ambon sendiri juga ada yang masuk memperebut 1 nominator dari 18 nominator dalam ajang bergensi ini. Kota siap sambut para nominator-nominator terbaik se-Indonesia, dalan 18 kategori, pada ajang bergensi ini,”jelasnya.

Diungkapkan, penyelenggaran API ini telah berlangsung sejak 2016 silam, dan telah berhasil mempromosikan ribuan pariwisata di seluruh wilayah Indonesia.
“Jadi penyelenggaran ini sudah dari 2016, dan tidak hanya mempromosikan ribuan destinasi wisata tetapi juga produk pariwisata nusantara selama kurun waktu 8 tahun terakhir ini,” terang Wattimena.

Diakui, Kota Ambon sendiri sudah pernah menjuarai beberapa kategori dalam ajang API award ini.
“Misalnya pada tahun 2020 Ambon raih juara 2 kategori Brand Pariwisata Ambon City Off Musik. Tahun 2021 juara 3 kategori atraksi budaya, atau sounds off green, dan di tahun 2022 lalu juara 1 kategori kampung adat. Yakni hatu rurmtui negeri Rutong,”terangnya. (EVA)

Exit mobile version