Walikota Hadiri Forum Pengurangan Resiko Bencana

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

PANGKAL PINANG(info-ambon.com)- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Nasional Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) ke II tahun 2019 di Swissbell Hotel, Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam rakor tersebut, walikota direncanakan menerima penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.  Penghargaan tersebut rencananya akan diberikan, Minggu (13/10/2019) di Swissbell Hotel, Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penghargaan yang diterima ini merupakan apresiasi dan penghargaan kepada Kepala Daerah yang berkontribusi dalam penanggulangan bencana. Penyerahaan ini akan diserahkan Kepala BNPB RI, Doni Munardo, pada acara penutupan Rapat Koordinasi Nasional Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) ke II tahun 2019

Adapun tujuan pelaksanaan Rakornas PRB adalah untuk koordinasi dan komunikasi antar Forum PRB, serta berbagi pembelajaran. Rakor ini dilaksanakan sejak 11 Oktober hingga 13 Oktober 2019.

Untuk diketahui, forum PRB merupakan pentahelix yang bisa menjadi solusi dalam persoalan kebencanaan. Salah satu forum pentahelix adalah PRB Daerah.

PRB Daerah merupakan wadah yang menyatukan bernagai organisasi pemangku kepentingan yang bergerak dan mendukung berbagai upaya PRB di Indonesia. Saat ini sudah terbentuk 25 Forum PRB tingkat Provinsi, 50 Forum PRB  tingkat Kabupaten/Kota dan Kepulauan, serta 20 Forum PRB tematik.

Forum PRB sebagai mitra BPBD untul membangun ketangguhan daerah, serta memastikan pembangunan di daerah yang berbasis  pengurangan resiko bencana dengan empat pendekatan yaitu, kebijakan, kelembagaan, anggaran dan pemberdayaan masyarakat. (PJ)

Exit mobile version