Walikota Canangkan Ambon Tangguh, Jadi Icon HUT ke-446

Walikota Ambon didampingi Wakil Walikota dan Ketua Panpel HUT 446 Kota Ambon saat pencanangan kegiatan.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)– Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, mencanangkan rangkaian kegiatan jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-446 Kota Ambon tahun 2021 dengan sorotan tema” Ambon tangguh”. Pencanangan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Walikota didampingi Wakil Walikota Syarif Hadler, dan Kadiskominfo Joy Reiner Adriaansz di Tribun Lapangan Merdeka, Jumat (27/8/2021).

Dalam sambutannya Louhenapessy mengatakan, tema Ambon tangguh mengandung harapan dan semangat untuk menjadikan Ambon sebagai kota yang kuat walaupun dihadapkan dengan situasi pandemi covid-19 maupun tantangan lain, baik itu berskal lokal, regional, maupun internsional.

“Saya menyadari sungguh situasi pandemi covid-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir membawa perubahan drastis dalam tatanan kehidupan kita baik secara pribadi, keluarga hingga kehidupan masyarakat tidak hanya di Kota Ambon, Povinsi Maluku, tetapi juga di Indonesia bahkan di seluruh Indonesian,” jelasnya.

Diakui, pihaknya merasakan duka cita karena kehilangan orang-orang yang dicintai akibat terpapar covid-19, anak-anak kita tidak dapat belajar tatap muka, banyak karyawan di PHK, dan kehidupan menjadi semakin sulit secara ekonomi.

Oleh karena itu, upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 telah menjadi fokus dari Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Untuk itu, Presiden Jokowi Widodo dalam arahannya beberapa waktu lalu telah mendorong semua pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi massal covid-19 guna mempercepat pembentukan terbentuknya kekebalan kelompok atau head immunity,” ujarnya.

“Pemkot Ambon sendiri sejak bulan Januari 2021 telah memulai pelaksanaan vaksinasi massal covid- 19 yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, sumber daya kesehatan, kemudian dilanjutkan kepada kelompok sasaran lainnya seperti, lansia, TNI/polri, tokoh agama, pelayanan publik, guru, dan tenaga kependidikan, tenaga pelaku usaha, pedagang, sopir angkot, jurnalis, masyarakat umum dengan usia 18-59 tahun, remaja usia 12-17 tahun dan ibu hamil, dan target hari ini 4.460 orang” terang Walikota.

Dijelaskan, dari total target vaksinasi 276.174 orang sampai dengan saat ini sudah terealisasi tersebut 141.026 warga Kota Ambon yang sudah divaksin dengan persentase 51,1 persen, jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan upaya vaksinasi massal yang terus digalakkan oleh Pemkot Ambon dengan target pembentukan kekebalan kelompok atau head immunity di akhir tahun 2021.

“Oleh sebab itu, kita terus meningkatkan target vaksinasi secara nasional dalam pencanangan rangkaian kegiatan HUT ke-446 kota Ambon di saat ini dilaksanakan pekan selebrasi vaksinasi ke-19 yang menyasar warga Kota Ambon yang belum divaksin sama sekali, maupun mereka yang akan dilakukan tahap kedua termasuk ibu hamil dan anak usia 12-17 tahun dengan target kurang lebih 4.460 orang yang akan di vaksinasi.

Selain itu, kegiatan Barisan Aksi Pemuda (Barakuda) kota Ambon debgan berbagai kreativitas yang ditampilkan baik secara induvidual maupun organisasi, kegiatan dilaksanakan guna membangkitkan semangat generasi muda masyarakat bangsa sebagai Agent of Change dan Agent of development yang turut mewarnai dinamika pembangunan kota Ambon saat ini maupun ke depan.

“Salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah vaksinasi massal bagi pemuda usia 17- 30 tahun. Vaksinasi covid-19 bagi pemuda ini memiliki makna yang strategis, dimana sebagai generasi muda dalam aktivitas kehidupan sehari-hari tidak lepas atau sangat akrab dengan penguasaan teknologi informasi.

Disebutkan, para pemuda apalagi mereka yang aktif dalam berbagai organisasi memiliki potensi sebagai opinion leader yang mampu mempengaruhi opini publik terhadap sebuah isu, sehingga memiliki peran yang strategis sebagai opinion leader dalam membantu pemerintah dalam menyampaikan informasi yang benar mengenai fermentasi covid-19 di media sosial, sehingga dengan pesan-pesan informasi tersebut masyarakat kota Ambon yang masih ragu untuk divaksin, sirna keraguannya dan akhirnya bersedia untuk divaksinasi.

“Vaksinasi bukanlah obat yang dapat menangkal atau menghindari kita dari covid-19 vaksin jenis apapun tidak akan mampu menghalangi penyebaran virus jika tidak disertai disiplin protokol kesehatan, jadi perubahan perilaku untuk taat protokol kesehatan dengan mengedepankan 5M adalah kunci yang dapat melindungi diri dan keluarga kita dari virus bahaya ini,” akui Louhenapessy.

Dalam pencanangan HUT ke-446 Ambon tahun 2021 hari ini juga dilaksanakan pula kegiatan gempar jumpa berlian “gerakan membuang sampah rumah tangga Jumat pagi bersihkan lingkungan” secara serentak di jalan-jalan utama, hingga ke desa negeri dan kelurahan,  kegiatan ini dibarengi pula dengan sosialisasi kebersihan melalui pemasangan stiker kebersihan dan pembagian tempat sampah di kendaraan umum oleh my home dan tim penggerak PKK Kota Ambon agar kita dapat saling mengingatkan untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, tetapi dapat membuang sampah pada tempat yang tersedia.

Sementara itu, beberapa saat yang lalu telah kita saksikan penyerahan bantuan paket natura bagi para buruh sampah dan drainase secara simbolis kurang lebih 886 orang, nilai paket natura yang diberikan tidak sebanding dengan perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan untuk membersihkan kota, ini oleh sebab itu saya berharap masyarakat dapat membantu mereka dengan turut menjaga kebersihan tidak membuang sampah ke jalan dan selokan dan sembarangan tempat tentunya akan berdampak pada kerusakan lingkungan dan sekitaran kita.

“Saya juga perlu memberikan apresiasi kepada  fasilitator my home Ambon atas berbagai dukungan dan bantuan yang dilakukan bagi masyarakat kota Ambon dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI dan HUT ke-446 Kota Ambon tahun 2021, lewat aksi berbabagi berupa bantuan kepada pihak yang terlibat dalam penanganan covid 19 di Kota Ambon. Dan saya berharap semoga my home Ambon tetap menjadi berkat bagi Ambon sebagai rumah Beta, rumah orang basudara milik kita semua,” ucapnya.

Perayaan hari ulang tahun ke-446 Kota Ambon Manise tahun 2021 secara spesifik memiliki keistimewaan khusus karena merupakan perang yang terakhir bagi saya selaku Walikota bersama wakil walikota Bapak Syarif hadler, dan sekertaris Kota Ambon A.G.Latuheru.

“Tanpa terasa masa jabatan kepemimpinan Saya dan Pak wakil dan akan segera berakhir di tahun depan, tetapi juga Sekertaris Kota Ambon akan mengakhiri pengabdian di Pemkot Ambon pada bulan Desember mendatang, karena sudah memasuki masa purna Bakti, karena itu saya sungguh berharap peringatan HUT ke-446 Kota Ambon tahun 2021 akan berlangsung semarak meskipun kita berada di tengah pandemi covid-19,” harap orang nomor satu Kota Ambon ini. (EVA)

Exit mobile version