Walikota Apreseasi Penyaluran Beras PPKM di Ambon

Launching beras PPKM 2021 untuk masyarakat Maluku yang berlangsung di gudang Bulog Halong, Senin tadi.-paulus joris-

AMBON(info-ambon.com)-Walikota Ambon Richard Louhenapessy memberikan apreseasi kepada pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI, H Joko Widodo terkait kebijakan penyaluran bantuan beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021.

Bantuan beras sebanyak 10 kilogram bagi Keluarga Penerima Manfaat (PKM) dilakukan melalui Perum Bulog Maluku, yang secara resmi diluncurkan, Senin (19/7/2021) di gudang beras Bulog Halong Ambon.

Louhenapessy sampaikan, dalam situasi dan kondisi seperti ini, dimana kegiatan masyarakat sementara dibatasi, maka bantuan yang dikucurkan pemerintah pusat melalui beras PPKM ini, sangat berarti bagi warga Kota Ambon.

‘’Atas nama warga Ambon, saya menyampaikan terima kasih atas bantuan 10kg beras kepada warga saya. Ini sesuatu yang sangat dibutuhkan warga,’’ katanya seraya menambahkan, seluruh bantuan akan dikordinir Dinas Sosial Kota Ambon.

Orang nomor 1 di Kota Ambon tersebut juga menyampaikan, jika ditanya secara pribadi terkait pemberlakuan PPKM di Ambon, maka dirinya juga merasa berat, namun karena ini keputusan pusat dan bertujuan untuk kepentingan masyarakat banyak, maka mau tidak mau, ini harus dijalankan.

‘’PPKM ini bertujuan untuk kepentingan banyak orang. Kalau saya pribadi, saya berat melakukannya di Ambon, namun karena ini untuk kepentingan rakyat banyak, maka keputusan pemerintah saat ini dirasa baik untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dan demi kesehatan warga secara umum,’’ tandasnya.

Louhenapessy juga mengapreseasi kehadiran perwakilan BPKP Maluku dalam penyaluran beras ini, agar persepsi masyarakat bahwa pemerintah kurang transparan dalam pengelolaan anggaran, bisa ditepis. Sebab memang, semua yang dilakukan untuk penanganan Covid-19 di Ambon, selalu dipantau oleh BPKP.

Sementara itu, kepala Perwakilan BPKP Maluku, Rizal Suhaili pada kesempatan yang sama berharap, pemberian bantuan beras PPKM ini bisa tepat sasaran dan diterima oleh masyarakat yang berhak.

Dia sebutkan, ditengah situasi PPKM Ambon, dimana semua aktifitas dibatasi sampai pukul 17.00 WIT, maka kehadiran bantuan beras ini, jadi kebahagian bagi warga Ambon yang terdampak. ‘’Ini bagian dari perhatian pemerintah terhadap warganya,’’ sergah Suhaili.

Beras PPKM ini, menurut Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Maluku, Sartono Pinning akan disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan dan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Maluku.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Perum Bulog Maluku, Muhammad Taufik mengatakan, penyaluran bantuan serupa juga dilakukan serentak di seluruh gudang-gudang Bulog di Indonesia sesuai instruksi Presiden.

Taufik mengatakan, adapun untuk Wilayah Maluku akan dilakukan penyaluran kepada 120.129 KPM sebanyak 1200 ton, dan khusus di Ambon diberikan kepada 14.836 KPM di Kota Ambon. (PJ)

Exit mobile version