Walikota: 50.595 Keluarga di Ambon Terima Bantuan

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

AMBON (info-ambon.com)-Berdasarkan data yang ada pada Pemerintah Kota (Pemkot)  Ambon, maka saat ini, telah disalurkan bantuan kepada penerima atau masyarakat yang berhak untuk menerima baik itu dalam bentuk Bantuan Lansung Tunai (BLT), maupun dalam bentuk sembako sebanyak 50.595 keluarga.

“Jadi sampai dengan hari ini bantuan terus jalan. Sudah 50.595 keluarga yang sudah kita bantu itu dalam bentuk sembako tapi juga dalam bentuk BLT yang ada di desa-desa,” ujar Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Sabtu (4/7/2020).

Dikatakan, bantuan yang diberikan yakni sembako yang ditujukan kepada masyarakat yang berada di lingkup kelurahan, sedangkan untuk BLT untuk masyarakat yang berada di lingkup Desa maupun negeri yang ada di kota Ambon.

“Bantuan yang diberikan langsung ditransfer oleh desa ke rekening masing-masing penerima bantuan sosial tersebut sehingga tidak ada lagi perkumpulan di Kantor Desa untuk mengambil dana tersebut,”kata Walikota

Walikota menyampaikan, walaupun  telah ditransfer kepada seluruh penerima atau masyarakat yang berhak karena menjadi masyarakat terdampak bencana COVID-19 di Kota Ambon, namun banyak masyarakat yang belum mendapatkan bantuan khususnya di Negeri Batu Merah.

Di Negeri Batu Merah, jumlah penerima dari masyarakat yang ada di Desa Batu Merah sudah melebihi kapasitas yang tidak dapat diakomodir oleh Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa yang ada di desa tersebut.

“Dari seluruh data yang masuk kita yang menjadi problem buat kita itu hanya di Desa Batu Merah karena di Desa Batu Merah itu ada kelebihan 2.116 keluarga yang tidak bisa di cover oleh Dana Desa nya maupun Alokasi Dana Desa nya,”akuinya.

Ditambahkan, saat ini Pemkot telah mengintervensi masyarakat-masyarakat tersebut dan telah memberikan bantuan berupa sembako sebelum nantinya akan di lihat lagi untuk menerima bantuan sosial lainnya.

“Karena itu kita intervensi sambil menunggu bantuan dari sosial kita akan bantu dalam bentuk sembako kepada keluarga-keluarga tersebut,” terangnya.

Disebutkan, hanya Desa Batu Merah saja yang hingga saat ini dana desa maupun Alokasi Dana Desa-nya tidak dapat dipakai untuk mengcover seluruh masyarakat miskin baru yang ada di desa tersebut.

Sedangkan untuk 49 Desa maupun Kelurahan yang ada di Kota Ambon sudah dapat mengcover seluruh masyarakat miskin baru yang ada di lingkungannya.

“Di 49 Desa maupun kelurahan lain itu sudah bisa di cover dengan dana desa maupun Alokasi Dana Desa maupun dalam bentuk bantuan sembako,” terang Louhenapessy.(EVA)

Exit mobile version