Walikota: 1 Warga Positif Covid-19 di Ambon

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy,SH.

AMBON(info-ambon.com)-Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyampaikan, 1 pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum (RSUD) dr Haulussy Ambon, positif terjangkit Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kepada info-ambon.com melalui saluran teleponnya, Louhenapessy membenarkan adanya pasien yang tertular Covid-19 tersebut. ‘’Betul, di Ambon, hari ini,  tercatat ada 1 pasein yang positif tertular Covid-19,’’ tegasnya.

Olehnya, dia meminta semua warga tidak panic dan selalu meningkatkan kewaspadaan diri, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di Ambon.

‘’Katong musti tingkatkan kewaspadaan dan jika tidak perlu, tidak usah keluar rumah. Kita harus betul-betul masing menjaga jarak satu dengan lainnya atau social distance (menjaga jarak) dan selalu menjaga kebersihan, baik diri maupun lingkungan sekitar,’’ paparnya.

Social distancing bertujuan memberikan jarak pada orang lain atau mengurangi kontak dengan orang-orang di sekitar yang kemungkinan terinfeksi virus maupun yang tidak terinfeksi sehingga bisa meminimalkan penularan penyakit.

Pemkot Ambon, lanjut Louhenapessy, sementara mengantiispasi kira-kira langkah-langkah apa yang akan diambil segera, untuk mengatasi kondisi ini juga segera mengambil langkah konkrit sejalan dengan ditemukannya pasien positif Covid-19 ini.

Apa langkah itu? misalnya meningkatkan dan memperluas penyemprotan cairan diisfektan, meningkatkan sosialisasi, dan terus memberikan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya menjaga jarak dan tidak melakukan aktifitas dalam jumlah banyak.

Masyarakat juga diminta dengar-dengaran dan selalu mendapat informasi resmi dari pemerintah, dan jangan melawan, jika ada pemberitahuan atapun larangan yang disampaikan oleh para  RT maupun RW. ‘’Kalau ada pemberitahuan dan teguran dari para RT dan RW, jangan melawan, karena ini semua untuk kebaikan bersama,’’ pintanya.

Tentang mereka yang bersama dengan korban, Louhenapessy sampaikan, akan segera ditangani sesuai prosedur tetap (Protap) yang berlaku. ‘’Kami sangat berharap, kondisi ini tidak lagi berkembang. Dan sekali lagi saya mohon bantuan masyarakat. Sebab dukungan masyarakat menjadi kunci untuk mengantisipasi meluasnya virus ini di Ambon,’’ demikian Louhenapessy.(PJ)

Exit mobile version