Upulatu: Jang Topu Dada Bilang Beta Ambon Kalau seng Pake Masker

AMBON (info-ambon.com)- Upacara Peringatan Perayaan Hari Ulang Tahun ( HUT) ke-445 Kota Ambon deng tema “Ambon Sehat” yahg dilaksanakan di Lapangan Tahapari, Polda Maluku, Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (7/9/2020).

Sebagai Upulatu juga Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dan selaku kapitan upacara Sekertaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Muhammad Aulia Waliulu.

Dalam pantauan Info-ambon.com di lapangan walaupun di guyur hujan, namun tidak mengurangi semangat peserta upacara Syang hadir di lokasi lapangan semua mengenakan baju Ambon, dan berlansung sederhana.

Dalam kegiatan menggunakan penerapan protokol kesehatan undangan yakni pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Ambon kurang lebih 49 orang, Lurah, raja/kades 50 orang, unsur TNI/Polri per masing-masing angkatan 5 orang jadi totalnya 20 orang. Pendukung acara terdiri dari 1 kelompok paduan suara berjumlah 21 orang, undangan terdiri dari forkopimda beserta istri, para asisten staf ahli dan pimpinan DPRD berjumlah 50 orang. Untuk pataka juga dibatasi, tahun ini terdiri dari 13 orang yang mewakili formasi 445 dan 1 orang membawa pataka.

Sedangkan Cakalele dari Negeri Naku dengan kapasistas terbatas. Untuk pendukung upacara tahu hiburan sudah dilakukan dalam typing dan hanya di tampilkan, sementara untuk 1000 undangan di saksikan lewat live streaming maupun zoom meeting.

Upulatu Kota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya mengajak masyarakat Kota Ambon untuk tetap bersyukur, bersyukur dan bersyukur. Tahun ini perayaan HUT Kota Ambon dalam suasana yang lain dari tahun-tahun sebelumnya. “Taong ini seng ada Amboina karnaval musik yang bikin rame dalam kota Ambon, seng ada baris indah dan baris empang, seng ada makan patita di kantor-kantor, Negeri dan Kelurahan, seng ada goyang kaka enda dan goyang tobelo, seng bisa lia nona Ambon dan nyong pake baju baniang/cele, kabaya dan konde nona ron di kepala, seng ada tahuri, tifa dan kapata padahal katong su umumkan tahun ini katong rayakan hari jadi deng basar yang di sebut visit Ambon 2020,”katanya dalam dialeg Ambon.

Untuk itu beta sebagai Pemerintah, beta minta maaf semoga tahun muka katong rayakan hari jadi lebi hongo lagi, semua ini karena virus corona lalu su jadi pandemi di Kota Ambon bahkan di dunia.

Untuk itu, Louhenapessy mengajak masyarakat mari robah kebiasaan baru apa yang sedang terjadi, Amboh sehat bisa terjadi kalau katong samua pake masker bukan pake markes kalau kaluar rumah, cuci tangan, jaga jarak deng orang laeng, hindari banyak orang. “Jang topu dada lalu deng bangga bilang beta Ambon kalau seng pake masker, seng cuci tangan terus menerus, seng jaga jarak deng masih bakumpul rame-rame par carita kewel, mari katong jaga katong pung diri masing-masing supaya tetap sehat, keluarga sehat, lingkungan sehat, kampung sehat dan ambon sehat,”ujar dia.

Adapun penyerahan bantuan penyerahan secara simbolis Bantuan Presiden Untuk Usaha Mikro (BPUM) sebesar 2.400.000untuk pelaku usaha mikro di kota ambon. Selain itu, launching aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Kependudukan (SIMAK) dan Anjungan Mandiri Pelayanan atau kios-K di Kelurahan Se-kota Ambon.(EVA)

Exit mobile version