Tuna Sirip Kuning Maluku Diekspor ke Thailand

Aktifitas pelabuhan Yos Soedarso Ambon-Maluku.-dok-

AMBON (info-ambon.com)- Eksportir CV Sumber Harta Laut Mas, Selasa (30/7/2019) mengekspor sebanyak 25 ton ikan tuna sirip kuning (yellowfin tuna) ke Thailand dari Pelabuhan Yos Soedarso Ambon. Ekspor ke Thailand dari Yos Soedarso melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kepala kantor wilayah Bea Cukai Maluku, Finari Manan mengatakan, di tahun 2019 sudah ada dua eksportir dari Maluku yang melakukan ekspor langsung yakni CV Putri Desi yang mengekspor kepiting bakau dan CV Sumber Harta Laut Masyang melakukan ekspor hari ini.

Manan sampaikan, ekspor ini dikemas dalam satu kontainer ukuran 40 feet, dengan nilai ekspor 55.000 US dollar atau setara RP.771 juta. Peningkatan nilai ekspor di Maluku cukup signifikan, di tahun sebelumnya hanya 200 ribu US dollar pada 2018, mengalami peningkatan 10 juta US dollar di periode Juni 2019.

Dikatakan, tim kerjasama ekspor Ambon diantaranya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Pertanian dan Dinas Kehutanan, Balai Karantina, bersama Bea Cukai, bersinergi untuk meningkatkan ekspor langsung. Dan pihaknya tetap mendorong terus ekspor dari Ambon secara langsung.

Ditandaskan, eksportir ini kami mengharapkan bukan hanya komoditi perikanan, namun bisa ada komoditi rempah-rempah, dari Kota Ambon dan Maluku.

“Saya berharap kedapan akan muncul eksportir baru, bukan hanya dari komoditi perikanan tetapi pertanian dan kehutanan. seperti cengkeh, pala dan lainnya,’’ ujarnya.(EVA)

Exit mobile version