Toyota Raize; Ini Kelebihan dan Kekurangannya. Baca Lengkapnya Disini…

TOYOTA merupakan salah satu produsen mobil kenamaan di Indonesia. Bermarkas di Jepang, Toyota pertama kali berdiri di tahun 1937. Sampai saat ini, Toyota telah menelurkan sejumlah varian mobil mulai dari tipe sedan, city car, MPV, SUV, sampai minibus.

Pada segmen SUV, Toyota baru saja merilis varian terbaru yang dikenal dengan nama Toyota Raize. Sebelum masuk ke pasar otomotif Tanah Air, Toyota Raize telah diluncurkan di Jepang untuk pertama kali pada tahun 2019. Pada akhir tahun 2020, Toyota Raize pun sukses menjadi SUV terlaris di Jepang.

Tak jauh berbeda dari kondisi pasar di Jepang, Toyota Raize juga menjadi primadona baru di Indonesia pasca dirilis. Seperti apa kelebihan dan kekurangan produk terbaru Toyota ini? Cari tahu selengkapnya pada artikel berikut.

 

Kelebihan Toyota Raize

Bukan tanpa alasan mengapa masyarakat berbondong-bondong membeli Toyota Raize. Berikut 5 keunggulan Toyota Raize yang dapat membuat seseorang tertarik memboyongnya.

1.     Desain Berkelas

Lahir sebagai SUV membuat tampilan Toyota Raize terkesan gagah dan sporty. Kombinasi grill berbentuk trapesium, lampu LED, dan DRL pun berhasil mempercantik cover Toyota Raize.

Pada sisi depan, Toyota menambahkan fog lamp tepat di bawah lampu LED sedangkan bagian kaki-kakinya menggunakan pelek Alloy 17 inci. Meski tidak dilengkapi dengan aksesori krom yang melimpah, tetapi desain eksterior Toyota Raize tetap istimewa.

Untuk bagian belakang, mobil ini tampak minimalis dengan adanya logo GR Sport dan emblem Raize. Demi memudahkan pengendara, terdapat pula wiper pada kaca belakang dan sensor parkir plus kamera mundur.

2.     Kabin Bernuansa Modern

Ketika memasuki bagian dalam kabin, Anda bisa merasakan seberapa modern desain interior yang ditawarkan. Toyota Raize memiliki dimensi 4.030 mm (p) x 1.710 mm (l) x 1.635 mm (t) dan mampu menampung penumpang sebanyak 5 orang.

Di sisi dasbor Anda akan menemukan Head Unit berukuran 9 inci. Fasilitas ini berfungsi sebagai media hiburan selama perjalanan. Terlebih, Head Unit Toyota Raize dilengkapi dengan koneksi Smart Device Link serta Apple CarPlay.

Kesan modern juga tampak pada fitur speedometer yang memiliki desain futuristik. Speedometer Raize menggunakan sistem digital yang dilengkapi teknologi LED serta LCD TFT color 7 inci.

Menariknya, Anda bisa mengubah tampilan speedometer tersebut ke dalam 4 mode tampilan seperti Simple, Analog, Exciting, dan Advanced.

3. Dilengkapi dengan Fitur Kekinian

SUV kompak satu ini memang dikenal kaya fitur. Contoh fitur yang pertama adalah Smart Assist. Kabarnya fitur ini memiliki banyak fungsi seperti blind spot monitor, sign recognition function, leading vehicle, collision warning function, start notification function, dan corner sensor.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi kombinasi fitur dari All Speed Tracking dan Adaptive Cruise Control yang membantu mobil tetap melaju sekalipun pengendara tidak menginjak pedal gas.

Fitur lain yang ada pada Toyota Raize adalah Smart Panorama Parking Assist untuk membantu menciptakan keamanan bagi pengendara ketika parkir dengan bantuan suara dan visual.

Demi keamanan pengemudi, Toyota turut membekali fitur tambahan berupa Erroneous Start Prevention Function plus Braking Control yang berfungsi untuk meminimalisasi kerusakan apabila pengemudi salah injak pedal gas ketika parkir.

4.     Tersedia dalam 2 Pilihan Mesin

Toyota Raize mencoba hadir dengan inovasi terbaru lewat dua pilihan mesin. Pertama, Toyota Raize menggunakan mesin turbo berkapasitas 1.000 cc yang berkonfigurasi dengan tiga silinder segaris lengkap dengan Electronic Fuel Injection sebagai sistem pengabutan bahan bakar.

Sementara pilihan kedua adalah Toyota Raize dengan kapasitas mesin 1.200 cc tanpa turbo yang dikombinasikan bersama tiga silinder segaris plus Electronic Fuel Injection sebagai sistem pengabutan bahan bakar.

Uniknya, fakta menyebutkan bahwa Raize menjadi satu-satunya keluarga Toyota yang mengusung mesin turbo dengan kubikasi kecil. Selain itu, kombinasi antara mesin 1.200 cc dengan 3 silinder juga menjadi hal baru yang belum pernah dilakukan oleh mobil-mobil keluaran Toyota terdahulu.

5.     Memiliki Banyak Variasi Warna

Toyota Raize menggunakan model Single-Tone dan Two-Tone color pada covernya. Untuk Single-Tone color, Toyota Raize memiliki 7 pilihan warna seperti Yellow SE, Turquoise MM, Silver Metallic, Red, Black, Gray Metallic, dan White.

Sedangkan untuk Two-Tone color pada Toyota Rize pilihannya ada 5 yaitu Black-Yellow SE, Black-White, Black-Silver Metallic, Black-Red, dan Black-Turquoise MM.

 

Kekurangan Toyota Raize

Selain hadir dengan sejumlah kelebihan, nyatanya Toyota Raize masih memiliki kekurangan pada sisi kapasitas kabin dan performa. Seperti apa penjelasan lengkapnya? Cek poin berikut ini.

1.     Kapasitas Penumpang Kecil

Kapasitas Toyota Raize dianggap kecil karena hanya mampu menampung 5 orang penumpang. Tidak ada opsi 7 seater atau konfigurasi kabin yang muat untuk 7 orang penumpang. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kelemahan Toyota Raize jika dibandingkan dengan pesaingnya KIA Sonet yang mampu menampung hingga 7 orang penumpang.

2.     Mesin Kurang Bertenaga

Dengan kapasitas mesin yang telah disebutkan di atas, perfoma Toyota Raize dianggap kurang bertenaga. Toyota Raize dengan kapasitas 1.000 cc, mesin turbo, dan daya tiga silinder misalnya.

Jika diadu dengan kompetitor dengan kapasitas serupa seperti Nissan Magnite, hasilnya Nissan Magnite mampu menghasilkan torsi dan tenaga lebih besar dari Toyota Raize.

 

Toyota Raize bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin tampil bergaya di jalanan. Untuk membawa pulang satu unit Toyota Raize, Anda perlu mengeluarkan dana mulai dari Rp210 jutaan sampai Rp270 jutaan. Transaksi beli mobil Toyota Raize pun sudah bisa dilakukan secara cepat dan mudah melalui Blibli.

Exit mobile version