Tekan Inflasi, Pemkot Ambon dan Pemkab Malteng Teken MoU

Guna menekan laju inflasi, Pemkot Ambon menandatangani MoU dengan Pemkab Malteng untuk pendistribusian komoditas pangan, Rabu.-dok-

AMBON (info-ambon.com)-Untuk menekan lajunya Inflasi dan pendistribusian komoditas pangan di Kota Ambon, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Pemkab) melakukan teken Memorandum of Understanding (MoU). MoU yang dilaksanakan oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena dan Penjabat Kabupaten Malteng Muhammat Marasabessy Halaman Parkir Pemkot Ambon, Rabu (15/02/23).

Wattimena dalam sambutannya menyampaikan, pagi ini kita menyaksikan nota kesepakatan antara Pemkot Ambon Bersama Kabupaten Malteng dalam rangka pasokan bahan kebutuhan pokok dari Malteng ke Kota Ambon. “Saat ini kita sangat disibukan dan perhatian yang sangat tinggi kepada penanganan inflasi seluruh jajaran Pemerintah pusat, maupun Kabupaten Kota berlomba-lomba untuk melakukan beberapa hal untuk di intervensikan berbagi hal untuk menekan lajunya inflasi pada wilayah kerja masing-masing,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Wattimena, Kota Ambon itu sendiri dalam proses dan kita masih ada dalam situasi yang mengkhawatirkan, karena dari seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Maluku, Kota Ambon ada dalam inflasi yang cukup tinggi,” tuturnya.

“Pada bulan januari atau awal febuari dilansir dari rilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku menunjukan bahwa tingkat inflasi di Kota Ambon mon to mon memang deflasi 0,21 tetapi tingkat inflasi year on year ada pada angka yang cukup tinggi, dan masih tinggi angka paling dari angka nasional diangkat 5,8 persen rata-rata nasional 5,45 persen,” paparnya.

Oleh karena itu, kondisi ini yang menyebabkan Pemkot Ambon terus melakukan upaya-upaya menekan lajunya inflasi di Kota ini ada dua faktor pemicu inflasi. Pertama adminitrasi price ini adalah kebijakan Pemerintah Pusat yang nampaknya terasa di Kota dan menjadi faktor pemicu inflasi apa itu kebijakan kenaikan Bahan Bakar Minyak ( BBM) yang menyebakan harga BBM pada daerah menjadi tinggi memicu inflasi. Kedua, kebijakan transportasi lewat harga tiket pesawat menyebakan penumpang Kota Ambon membeli harga tiket yang tinggi menjadi pemicu inflasi ada juga kenaikan pada rokok kretek menyebakan inflasi,” jelasnya

“Dengan adanya penatandatangan ini, saya berharap yang di lakukan antara Pemkot bersama Kabupaten Maluku tengah dalam upaya ketersedian bahan pangan stok bagi masyarakat di Kota Ambon dalam upaya menekan lajunya,” tutupnya. (EVA)

Exit mobile version