Taraf Perbaikan, Mesin ADM Pemkot Ambon belum Bisa Difungsikan

Plt Kadisdukcapil Ambon, Hanny Tamtelahitu.

AMBON (info-ambon.com)-Plt Kepala Dinas Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mengakui, hingga saat ini Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ditempatkan di Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon hingga saat ini belum bisa difungsikan. Pasalnya, Mesin ADM sedang dalam proses maintenance atau perbaikan sistem. Dimana, ada kesalahan nama atau NIK dalam E-KTP maka diperbaiki.

“Maintenance itu kita sementara perbaiki data. Misalnya NIK yang bermasalah atau nama dalam KTP itu singkat,” jelas Plt Kadisdukcapil Ambon, Hanny Tamtelahitu kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (7/6/2022).

Diakui, maintenance ADM bukan cuman dikota Ambon, tetapi seluruh Indonesia. “Saya tidak tahu kapan maintanance selesai. Karena bukan cuman di Kota Ambon. Ini dilakukan diseluruh Indonesia, ” ungkapnya.

Menurutnya, sistem Dukcapil saat ini sudah siap terpusat. Sehingga mesin tersebut harus dilakulan maintanance. “Sekarangkan sistem kita sudah siap terpusat. Kalau kemarin-kemarin itukan belum,” terangnya.

“Sehingga data masyarakat itu harus yang benar. Seperti, ketika kita buka data seseorang bisa diketahui data orang bersangkutan itu ada dimana. Jadi warga tidak bisa bohongi kami, ketika datanya kita buka,” sambungnya.

Dengan begitu, pihaknya masih melayani masyarakat yang datang untuk melakukan pengurusan E-KTP.

“Pelayan kami sesuai janji satu hari siap. Jadi kalau ADM tidak jadi kami tetap layani,” demikian Tamtelahitu. (EVA)

Exit mobile version