Tanah Terus Bergerak akibat Hujan, Gedung Perpustakaan IAIN semakin Rusak Parah

Kondisi gedung perpustakaan IAIN Ambon, hari Selasa dan Rabu.-dok-

AMBON(info-ambon.com)-Kondisi bangunan perpustakaan milik Institut Agama Islam Negeri Ambon, tepatnya di Jl. Dr. H. Tarmizi Taher, Kebun Cengkeh, Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, terus memburuk.

Hujan yang kembali mengguyur Ambon sejak Selasa (4/6/2019) malam hingga Rabu (5/6/2019) membuat bangunan bertingkat tersebut semakin memprihatinkan, bahkan sebagian tembok bangunan sudah mulai roboh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Ambon, Demmy Paays yang dikonfirmasi info-ambon.com, Rabu (5/6/2019) terkait kondisi disana menyebutkan, pergerakan tanah sekitar bangunan perpustakaan terus terjadi, bahkan kondisi bangunan itu sudah mulai retak dan terlepas.

‘’Khusus bangunan perpustakaan, sudah tidak layak lagi digunakan. Sekarang kondisinya sangat memprihatinkan. Ada bagian-bagian bangunan yang terlepas. Dan tanah disana terus bergerak,’’ katanya.

BPBD Kota Ambon merekomendasikan kepada IAIN Ambon agar ruang perpustakaan tidak difungsikan lagi dan perlu dibangun baru.

Sementara untuk Ruang Auditorium, pihaknya juga merekomendasikan agar saat ini jangan difungsikan dulu hingga dipastikan konstruksinya aman untuk di fungsikan, karena masih ada pergerakan tanah saat hujan, begitu juga dengan ruang Laboratorium .

Sementara untuk ruang Gensed alami amblas dan butuh evaluasi terhadap fungsinya.

BPBD Kota Ambon juga merekomendasikan agar ada perbaikan pada semua talud yang ada disana serta juga drainase yang ada.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Ambon, Ronald Lekransi pada kesempatan terspisah juga menambahkan, akibat hujan beberapa waktu terakhir dan puncaknya hujan intensitas sedang sampai lebat di tanggal 3 Juni  serta hari ini, mengakibatkan tanah sudah jenuh air, sehingga terjadi pergerakan tanah yang berdampak pada konstruksi bangunan disana.(PJ)

Exit mobile version