Tamara Ayawaila Raih Juara 1 Lomba Bertutur Tingkat Kota Ambon

AMBON (info-ambon.com)- Tamara Ayawaila siswa SDN 75 Passo, Ambon meraih juara 1 lomba bertutur tingkat Kota Ambon tahun 2023 dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon, Diketahui lomba dilaksanakan untuk menyongsong HUT ke-448 Kota Ambon tahun 2023 yang dibuka lansung oleh PJ Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, Senin (28/8/2023) lalu di salah satu hotel di Kota Ambon dan ditutup pada Kamis (31/8/23).

Kegiatan diisi Lomba Bertutur bagi siswa SD/MI yang diikuti oleh 70 Peserta, juga ada lomba bagi Siswa SMP/MTs, yakni lomba Pidato (54 peserta) Lomba Esai (30 peserta) Duta Baca (18 peserta ) Resensi Buku (24 peserta).

Selain itu, ada lomba yang ditujukan bagi Guru PAUD dan TK yakni Lomba Mendongeng (7 peserta), dan Lomba Bercerita Menggunakan Gambar (5 peserta).
Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan, Petrus Pattiasina, dalam sambutan penutupan mengatakan, rangkaian kegiatan lomba ini ditujukan bagi anak – anak agar dapat meningkatkan minat baca.

“Anak-anak ikut serta dalam perlombaan dan berkompetisi. Disini Mental anak – anak diuji untuk mampu berdiri di depan, berlatih menjadi pemimpin masa depan dan yang paling penting meningkatkan minat baca,” ungkapnya.

Menurutnya, dewasa ini aktivitas anak – anak telah dikuasai oleh gadget, namun hal itu bukan berarti buku diabaikan. Nyatanya menurut Survey Perpustakaan Nasional Tingkat Kegemaran Membaca terus meningkat, yakni dari 59,52 persen di Tahun 2021 menjadi 63,9 persen di tahun 2022.

“Itu berarti kegemaran anak – anak membaca mulai naik, juga terlihat dari motivasi yang begitu besar dari guru – guru yang mengikut sertakan anak didiknya dalam mengikuti lomba tahun ini,” bebernya.

Terkait dengan upaya meningkatkan minat baca, Pattiasina menerangkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon telah memiliki perpustakaan digital “iambonmanise” yang dapat diakses dengan mudah. Selain itu Perpustakaan Kota Ambon juga telah berinovasi dengan pengembangan perpustakaan inklusif hingga Desa/Negeri dan Kelurahan.

“Perpustaakan infklusif artinya semua orang yang membaca buku di perpustakaan harus berbuat sesuatu untuk kesejahteraan dirinya dan orang lain,” tandasnya.
Sementara itu, sehubungan dengan pelaksanaan Lomba, Kadis berjanji akan melaksanakan evaluasi sehingga dapat meningkatkan kualitas lomba pada kegiatan yang sama di tahun berikutnya.

Untuk Diketahui berikut daftar para pemenang lomba tingkat SD dan SMP se -derajat, yang diumumkan Ketua Tim Juri, Rudolf Wattimena.


1. Lomba Bertutur : Juara I Tamara Ayawaila (SDN 75 Passo), Juara II Adela Latuhihin (SD Kristen Waimahu) dan Juara III Rafa Kastanya (SDN 75 Passo)
2. Lomba Pidato; Juara I Jean Nanlohy (SMPN 6 Ambon), Juara II Viona Irawan (SMP Katolik Ambon), dan Juara III Sergio Risampessy (SMPN 6 Ambon)
3. Lomba Essay; Juara I Nayla Ramadhani (SMP Cendekia), Juara II Getsani Adisa (SMP Cendekia) dan Juara III Stevy Silooy (SMP Kalam Kudus)
4. Lomba Resensi Buku; Juara I Septian Wattimena (SMPN 10 Ambon), Juara II Putu Indira (SMP Xaverius Passo) dan Juara III Khanza Ainun (SMPN 14 Ambon)
5. Duta Baca 2023; Juara I Muhammad Rafit (SMPN 14 Ambon), Juara II Alda Salampesy (SMPN 6 Ambon) dan Juara III Violetta Sipahelut (SMPN 10 Ambon). (EVA)

Exit mobile version