Tahun 2020, Revitalisasi Pasar Mardika

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.-dok IA-

AMBON (info-ambon.com)-Kementerian Perdagangan dan Perindustrian RI lewat Pemerintah Kota (Pemkot) untuk melakukan revitalisasi pasar Mardika, Kota Ambon

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, tahun 2020 mendatang, Kota Ambon secara resmi akan mendapatkan pasar ikan baru di kawasan Mardika Kota Ambon.

Dikatakan, Pemkot Ambon akan berupaya mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di Kota Ambon dengan memanfaatkan transportasi teluk CityCat, SpeedyCat, dan Feri sebagaimana yang diterapkan oleh pemerintah Australi di Brisbane.

Menurutnya, tipe yang dilakukan di Australi itu akan ditiru oleh pemerintah Kota Ambon, dengan membangun beberapa dermaga penyeberangan untuk antar pulang pergi penumpang dikawasan teluk dalam Ambon. Sebab, dengan begitu masalah kemacetan di Kota Ambon kususnya di kawasan Batu Merah dapat teratasi secara baik.

“Ini harus dilaksanakan, karena di Tahun 2020 mendatang, Kota Ambon resmi mendapat baru di kawasan Pasar Mardika dengan anggaran kurang lebih Rp100 miliar keatas,” kata Richard.

Diakui, Pemkot Ambon akan melakukan rapat koordinasi bersama pemerintah Provinsi Maluku dan Balai Cipta Karya Maluku untuk membahas persoalan tersebut.

“Kita telah mendapat informasi keputusan Presiden (Kepres) untuk mendukung upaya tersebut telah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo. “Saya juga berterima kasih kepada Gubernur Maluku yang telah membantu Pemerintah Kota dalam meyakinkan hal tersebut kepada menteri perdagangan,” terangnya.

Menurutnya, kalau pasar baru itu telah dibangun, paling tidak dalam konsep mobilisasi transportasi terintegrasi itu tentu harus disediakan oleh Pemkot Ambon.

“Pasar yang akan dibangun ini adalah pasar moderen yang berlantai lima. Ini sementara didesain dan dibicarakan. Pasar tersebut juga akan dilengkapi dengan restorant, kuliner, hiburan,” tandasnya.(EVA)

Exit mobile version