Silaturahmi ke NU, Sangkala: Kader NU Bisa Gunakan PKS ke Parlemen

Silaturahmi pengurus PKS Maluku ke PD NU Maluku.-dok-

AMBON (info-ambon.com)- Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (NU) Maluku, Sabtu (22/5/2021) menerima kunjungan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Maluku. Ketua DPW PKS Maluku Abdullah Asis Sangkala menyebutkan, ini merupakan Program Silaturahmi Kebangsaan, yang dicanangkan DPW PKS untuk dilaksanakan dalam suasana Halal bi Halal.

“Kami sebenarnya adalah anak cucu genetik dari keluarga Nahdliyin (warga NU), karena kami ini semua dari orang tua yang adalah Ahlussunnah Wal Jama’ah,” ujar Asis.

Dia katakan, tentu kepentingan besar pihaknya, adalah sebagai partai Islam terbesar di Maluku, yang hadir menjadi pendengar dan penyambung aspirasi umat. “Syukur-syukur dapat bersama komponen umat lainnya, dalam pembelaan terhadap kepentingan dan kemaslahatan umat yang ada di Maluku,” imbuhnya.

Berita terkait:PKS Targetkan Raih Kembali 6 Kursi DPRD Maluku, Pertahankan 1 Kursi DPR RI

Untuk itu Asis menyebutkan, pihaknya berpikir tidak bisa tidak, harus memulai dari perbincangan-perbincangan ringan dalam forum silaturahmi seperti yang dilakukan saat ini, sehingga agenda itu bisa dikerucutkan.

PKS di kepengurusan baru, lanjut Asis, secara nasional keluar dengan tagline dan visi yaitu, “Mengokohkan Diri Sebagai Partai Islam yang Rahmatan Lil Alamin”.

Menurut Asis, PKS  menginginkan demokrasi di Indonesia terus berkembang dari yang hanya prosedural menjadi substansional artinya Demokrasi untuk Keadilan dan Kesejahteraan Rakyat  termasuk memperjuangkan aspirasi warga Nahdiyin di Maluku,  Di kepengurusan ini, pihaknya makin mempertegas eksistensi sebagai Partai Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

“Mudah-mudah dalam konteks ini, tentu yang paling penting kita menguatkan dulu ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathaniyah. Tentu dalam kondisi-kondisi yang kita alami sekarang, kita harus menunjukan juga satu solidaritas terhadap Dunia Islam dan Perdamaian Dunia untuk saudara-saudara kita yang mengalami penjajahan dan pembumi hangusan, di negeri yang jauh, di Palestina sana,” imbaunya.

Sebagai partai politik, Asis menuturkan, pihak juga menginginkan bahwa kanal partai ini bisa digunakan oleh semua komponen umat, sebagai penyambung aspirasi.

Baca juga:Soal Reshuflle, SMSI Berharap Presiden Mendengar Berbagai Masukan

“Bisa dimungkinkan jika ada kader struktural dari NU yang mau menggunakan PKS sebagai sarana untuk mewakili rakyat di perlemen, kami terbuka. Sebagaiamana itu juga yang kami sampaikan kepada kader-kader Pemuda Muhammadiyah hal yang sama,” kata Asis.

Menanggapi kunjungan silatrahmi kebangsaan ini, Ketua PW NU Maluku Karnusa Serang, memberikan apresiasi yang sangat besar kepada DPW PKS Maluku, karena inilah yang diharapkan pihaknya.

“Semua partai baiknya seperti ini, membuka diri, saling bersilaturahmi. NU Maluku merupakan organisasi umat yang terbuka bagi siapa saja, termasuk partai politik. Kami mengapresiasi langkah baik PKS yang sudah datang bersilaturahmi ke kami di NU, membangun komunikasi yang baik dengan pengurus NU sebagai langkah awal terciptanya sinergitas kami dengan PKS,” paparnya.

Lebih lanjut Karnusa berharap PKS menjadi mitra diskusi dan wadah aspirasi persoalan umat dan Daerah di Maluku.

“Kami juga atas nama PWNU Maluku juga memberikan Apresiasi yang tinggi kepada Kader PKS yang adalah Walikota Tual, Bapak Adam Rahayaan yang mana di tahun 2021 akan membangun Kantor PD NU Kota Tual, dan ini Kabupaten/Kota pertama di Maluku yang membangun kantor buat ormas terbesar di Indonesia. Kami juga berharap pengurus DPW PKS Maluku bisa membantu memperjuangankan juga Kantor PWNU di Provinsi Maluku,” harap Karnusa.

Selain Asis Sangkala, sejumlah politisi PKS yang hadir pada Silatirahmi Kebangsaan ini, antara lain: Abdul Gani Lestaluhu (Sekretais DPW PKS Maluku), Saadiah Ulupuutty (Anggota DPR RI), Turaya Samal (Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Maluku. Ikut hadir juga sejumlah Pengurus PKS dan Bendahara Umum DPW PKS Maluku

Sementara dari PW NU Maluku, selain ketua, ada juga sejumlah pengurus yang hadir antara lain Wakil Ketua Yusran Salamun, Wakil Ketua I Jamil Difinubun, Wakil Sekretaris Zainudin Uar, dan Bendahara Ikhwan Garwan.(PJ)

Exit mobile version