SIDAYR 2019; Sopi Ambon dan Adat Cuci Kaki, Sambut Peserta

Panitia menyambut peserta SIDAYR di pantai Amahusu dengan meneguh sesloki Sopi dan proses adat cuci kaki. -EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Sopi dan cuci kaki sambut peserta Hari ke-2 Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) tahun 2019, Colie merupakan perahu ke-2 masuk Finis pukul 14:52, WIT, Cockatoo merupakan perahu ke-3 masuk garis finis pukul 16:10 WIT, dan perahu ke-4 Wallop di Pantai Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (6/8/2019).

Untuk diketahui perahu yang pertama finis adalah Antipodes, ke empat kapal tersebut berasal dari Australia.

Prosesi adat cuci kaki, dilakukan pemuka adat Amahusu menyambut peserta SIDAYR di Pantai Amahusu.-EVA-

Perahu layar Colie dengan Nakhoda Douglas Sallis bersama 8 anak buah memasuki garis finis di Pantai Amahusu, sementara Cockatoo dengan Nahkoda Debra Leigh Negus bersama 5 anak buah.

Ketiga perahu layar disambut oleh Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, Sekertaris Kota Ambon, Asisten II Pemerintah Kota Ambon Roby Silooy, OPD Pemkot Ambon dan masyarakat, dan petuah-petuah adat dari Amahusu dengan minum Sopi dan Cuci kaki.

Sambutan hangat Wakil Walikota Ambon.

Wakil Walikota Ambon dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan SIDAYR 2019 agak berbeda dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan 30 tahun kerja sama kota kembar (sister city) Darwin-Ambon, dan penyambutan memiliki makna tersendiri dan yang dilaksanakan secara Adat di Amahusu.

Sekot Ambon, A G Latuheru tak lupa menyalami peserta SIDAYR 2019 di Pantai Amahusu.-EVA-

“Perjalanan yang cukup cepat, padahal baru dilepaskan pukul 10.00 di Darwin dan kemarin dan hari ini sudah tiba  pelabuhan Amahusu. Perjalanan 3 kapal finis kedua dan perjalanan yg paling melelahkan tetapi sangat menikmati,” katanya.

Dikatakan, diharapkan di tahun kedepan bukan hanya 10 perahu tetapi, Pemkot membuka diri untuk banyak perahu tetap datang.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang banyak perahu ikut lagi,”harapnya.(EVA)

Exit mobile version