Sekot Lepas Kontingen MTQ Kota Ambon. Ini Target Ambon di Namlea

Sekot Ambon, A G Latuheru melepas kontingen MTQ Kota Ambon untuk mengikuti ajang MTQ Provinsi di Namlea. Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera Kota Ambon kepada KAkandep Agama setempat, didampingi Ketua LPTQ Kota Ambon.-PJ-

AMBON(info-ambon.com)-Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, A G Latuheru melepas kontingen Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kota Ambon untuk mengikuti MTQ XXVIII Tingkat Provinsi Maluku yang akan dilaksanakan di Namlea, Kabupaten Pulau Buru, 13-21 Juni 2019. Pelepasan kontingen dilaksanakan Jumat (7/6/2019) di balai kota Ambon.

Saat melepas kontingan, Latuheru menyampaikan, pada semua lomba, maka meraih prestasi gemilang adalah dambaan setiap kontingen, namun capaian itu harus pula disertai dengan bekal latihan yang memadai.

Disebutkan, dengan bekal latihan intensif yang sudah dilakukan selama 2 bulan dengan mendatangkan pelatih bertaraf nasional, diharapkan prestasi kontingen Kota Ambon dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, wakil dari Ambon adalah duta-duta agama Kota Ambon yang bukan saja dipilih oleh dewan juri dan pelatih, namun lebih dari itu, mereka dipilih oleh Allah SWT.  ‘’Kalian adalah duta-duta Allah yang dipercaya mewakili kota Ambon. Tunjukan kemampuan terbaik yang saudara miliki,’’ tandasnya.

Suasana pelepasan kontingen MTQ Kota Ambon, Jumat (7/6/2019). Para asisten, staf ahli dan kepala OPD turut hadir untuk menyaksikannnya.-PJ-

Menurutnya, yang terpilih adalah yang terbaik pada ajang tingkat kota, dan akan diuji lagi pada tingkatan lebih tinggi yakni provinsi. Untuk itu dia berharap, peserta dapat menunjukan bakat terbaiknya dan tidak boleh ragu dan takut.

Latuheru juga meminta semua peserta untuk menjaga kondisi kesehatan, agar selalu fit saat mengikuti lomba. ‘’Jaga sikap saat bersosialisasi dengan rekan atau peserta dari kontingen asal kota/kabupaten lainnya,’’ pintanya.

Ia yakin, dengan bekal latihan yang sudah dilakukan selama ini, Ambon dapat meningkatkan ranking dari selama ini berada di ranking 4.

Dirinya juga mengapreseasi panitia, yang membuka pendaftaran secara online, dengan melampirkan KTP Elektronik dari masing-masing peserta. Dan KTP itu harus berasal dari kota/kabupaten yang diwakilinya.

‘’Ini akan menutup peluang bagi peserta impor. Sebab selama ini, banyak ditemui, peserta-peserta impor meramaikan MTQ tingkat Provinsi di Maluku,’’ tegasnya.

Latuheru menambahkan, kalau dalam lomba nanti, ada peningkatan ranking ataupun juara, maka itu adalah bonus dari latihan keras yang dilakukan selama ini di Ambon.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kota Ambon, H,M Arsad Namsa dalam laporannya sampaikan, jumlah  cabang yang akan diikuti Ambon di MTQ provinsi yakni 6 dari 7 cabang yakni cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur;an, Khat Qur’an dan Karya Ilmiah Qur’an.

Jumlah kafilah MTQ Kota Ambon yang akan mengikuti ajang ini berjumlah 78 orang derngan rincian 38 peserta, serta 40 lainnya yang terdiri dari official, peserta Rakerda LPTQ, petugas pawai ta’aruf, petugas pameran, pendamping  serta kolaborasi musik.

Namsa juga menyatakan, target Kota Ambon pada MTQ Provinsi kali ini adalah naik dari peringkat IV yang disandang selama ini. Ini sangat beralasan karena kesiapan yang dilakukan selama ini dengan mendatangkan pelatih tingkat nasional, serta pendaftaran online yang memutus rantai peserta luar Maluku membela kontingen dari kabupaten/kota di Maluku.  (PJ)

Exit mobile version