Sekot Ambon Irup Hari Pahlawan Nasional

Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, AG Latuheru.

AMBON (info-ambon.com)-Sekretaris Kota Ambon Anthony.G Latuheru menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Pahlawan Nasional. Upacara diikuti seluruh OPD lingkup Pemkot Ambon yang berlangsung di halaman Parkir Balai Kota Ambon, Rabu (10/11/2021).

Sekot Ambon saat membacakan pidato Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan 10 November 1945, pertempuran sengit terjadi di Indonesia, antara para pejuang melawan para penjajah dan para sekutu yang hendak merampas Kemerdekaan Republik Indonesia, negara tercinta.

Saat itu, pendahulu kita berjuang untuk mempertahankan Negara, dengan pengorbanan harta, airmata dan keteguhan.

“Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja, dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa,”ungkapnya.

Dikatakan, sebagaimana bunyi sila kelima Pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, maka momentum ini, kiranya sila ini dapat kita wujudkan.

‘’Momentum ini juga harus dijadikan juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh-kembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial. Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,”kata Latuheru.

Disebutkan, memang beda, antara perjuangan dulu dan sekarang. Dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa.

Menurutnya, banyak permasalahan yang negeri ini tengah hadapi, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, serta paham-paham radikal.

Pula permasalahan yang jelas-jelas tengah kita hadapi, yang butuh kekompakan negeri dan seluruh bangsa yakni pandemi covid-19.

Meski dalam situasi pandemi, tidak mengurangi arti dari memperingati Hari Pahlawan Negeri.

Mari melaksanakan peringatan Hari Pahlawan ini dengan hikmat dan tidak kehilangan makna, bahkan diharapkan dapat memberi energi tambahan untuk menggugah kesadaran setiap elemen bangsa untuk terus mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa

Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada yang maha esa, rela berkorban, pantang menyerah suka membantu, bergotong royong perlu terus ditanam dan pupuk agar terus bersemi didalam hati sanubari rakyat Indonesia.

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada negeri dengan menjadi pahlawan masa kini, yang memiliki empati, menolong sesama, saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat jasa-jasa para pahlawannya. Maka mari kita dengan hikmat berpartisipasi dalam Hari Pahlawan ini dengan niat diri sendiri. Dimulai dari hal-hal kecil mengamalkan nilai-nilai rohani dan negeri, meneladani semangat para pahlawan demi NKRI,”ungkapnya. (EVA)

Exit mobile version