RS Siloam Ambon segera Operasi

Walikota Ambon dan rombongan saat meninjau kesiapan operasional RS Siloam Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Rumah Sakit (RS) Siloam akan beroperasi segera. Kepastian itu didapat info-ambon.com saat Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, sekretaris Kota Ambon, AG Latuheru serta pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ambon mengunjungi RS tersebut, Senin (27/7/2020) sore.

Menurut Louhenapessy, operasional RS Siloam akan dimulai Rabu (29/7/2020) lusa. Dan siap melayani pasien Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Ambon dan Maluku umumnya.

Diakui, operasional RS Siloam tak lepas dari hasil kunjungan Menko PMK Muhadjir Effendi, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Kepala BNPB yang juga ketua Satgas COVID-19 Nasional Doni Monardo ke Kota Ambon beberapa waktu lalu serta tentu Gubernur Maluku, Murad Ismail.

“Saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pak Gubernur, Menkes, Kepala BNPB, Menko PMK dan spesial kepada owner dan manajemen Siloam, karena dari hasil kunjungan, kemudian dihubungi manajemen dan owner Siloam agar kalau boleh Rumah Sakit Siloam Ambon dibuka untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Pemerintah Provinsi menangani masalah COVID-19, saya benar-benar sukacita dan impian saya untuk ada sebuah rumah sakit representatif dengan memberi nilai-nilai kemanusiaan,”jelasn Louhenapessy.

Disampaikan, atas kunjungan para menteri tersebut, manajemen Siloam menugaskan tim datang ke Ambon dan membenahi seluruh fasilitas yang perlu diselesaikan dan berkoordinasi dengan Pemkot apa yang bisa disupporting, karena ini sebuah komitmen kemanusiaan yang sangat luar biasa dari Rumah Sakit Siloam.

“Pemkot berkewajiban mensupport, melengkapi dari segi administrasi yang harus kita back up. Rumah Sakit Siloam ini merupakan Rumah sakit besar di Indonesia, jaringan bisnisnya luar biasa. Namun kepedulian kemanusiaan menjadi contoh baik buat yang lain,”akui Louhenapessy.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Siloam Ambon dr, dr Sian Tjoe  menambahkan, saat dibuka Rumah Sakit Siloam Ambon akan mulai dengan menyediakan 16 tempat tidur bagi pasien COVID-19, setelah itu dalam seminggu kedepan akan menambah jadi 65 tempat tidur. Dengan Tenaga medis yang melayani perawat ada 32 orang, dokter umum 8 orang, dan dokter spesialis 24 orang.

Persiapan beroperasi dan melayani pasien COVID-19, Rumah Sakit Siloam Ambon dengan tenaga kesehatan hampir semua tenaga medis berasal dari putra-putri daerah Maluku maupun kota Ambon yang sudah berpengalaman 50 persen di ambil dari tim Jakarta, dengan jumlah tenaga medis yang sebelumnya bekerja di Rumah Sakit mampang.

“Sebelumnya para tenaga medis maupun perawat sudah bekerja di Rumah Sakit Mampang, dan sudah pengalaman dalam penangangan covid-19, dan hanya ada 5 persen yang orang dari luar atau bukan putera daerah. Dia mengharapkan dapat melayani masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya dengan baik,”ujarnya.(EVA)

Exit mobile version