Ririmasse Sah Sekot Ambon

Penandatanganan naskah sumpah, janji pelantikan Setkot Ambon yang disaksikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.-PJ-

AMBON(info-ambon.com)-Setelah melalui proses yang cukup panjang, Drs Agus Ririmasse, AP,M.Si akhirnya dilantik dan diambil sumpah sebagai Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, menggantikan AG Latuheru yang memasuki masa pensiun 1 Desember 2021 lalu.

Pelantikan Ririmasse berlangsung, Selasa (21/12/2021) di tribun Lapangan Merdeka Ambon, dihadiri langsung Walikota Kupang Jefri Riwu Kore. Sebelumnya, Ririmasse adalah asisten Pemerintahan dan Pembangunan Setkot Kupang-Nusa Tenggara Timur.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya pada acara tersebut sampaikan, apa yang terjadi saat ini, merupakan sebuah proses panjang yang dilalui.

‘’Pelantikan hari ini telah memalui prosedur sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, setelah sebelumnya dilakukan melalui seleksi terbuka dan mendapat rekomendasi KASN,’’ jelasnya.

Sekot, lanjutnya, merupakan unsur pembantu pemerintah kota, yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada walikota.

Setkot bertugas membantu walikota untuk tugas penyelenggaraan pemerintahan, organsiasi dan tata laksana dan juga memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah yang da di kota ini.

Sebegitu strategisnya fungsi Setkot, maka dalam berbagai kesemapatan, saya menegaskan bahwa tidak ada kepentingan pribadi walikota dan wakil walikota terkait siapa yang akan jadi Setkot Ambon ini.

Louhenapessy akui, dalam proses ini, banyak isu yang beredar terkait ditetapkannya Ririmasse sebagai Sekot Ambon bahwa ini  adalah orangnya walikota dan wawali supaya bisa mengamankan kami, setelah tidak lagi menjabat walikota dan wakil walikota. ‘’Terhadap hal ini, saya hanya berkata Tuhan ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat,’’ ungkapnya.

Menurutnya, dirinya dan wawali tidak berpikir sesempit itu, kami berpikir dalam konteks yang lebih besar, yakni tentang masa depan kota ini.

 

 

Kepada Ririmasse, Louhenapessy kemukakan, tantangan kedepan sangat kompleks dan dinamis, sebab iptek menjadi ruang yang tak terbatas, olehnya itu fungsi pemerintahan sebagai fungsi pelayanan dan pembangunan serta pemberdayaan,  harus mampu diemban dengan baik. ‘’Kita harus melayani dan bukan untuk dilayani,’’ pesanya.

Hal yang patut diingat oleh Setkot yang baru yakni dunia kita bukan pangkat dan jabatan dan bukan juga gaji, tapi dunia kita adalah manusia dan segala persoalannya.

Pada kesempatan yang sama, Louhenapessy juga menyampaikan penghargaan dan apreseasi kepada Rulin Purmiasa yang sejak tanggal 3 Desember lalu menjalankan tugas sebagai Plh Setkot Ambon.

‘’Walau hanya 17 hari, namumn tugas dan pengabdian yang dilakukan sangat penting dan strategis,’’ ujarnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji Ririmasse selaku Setkot Ambon tertuang dalam Surat Keputusan Walikota Ambon nomor 754 Tahun 2021 tertanggal 20 Desember 2021. (PJ)

Exit mobile version