Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah di Kamboja Yang Menarik Dan Wajib Untuk Dikunjungi

Kamboja merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dan menjadi salah satu negara yang bergabung dengan ASEAN. Tak kalah dengan negara-negara tetangga ASEAN lainnya, Kamboja juga memiliki beragam destinasi wisata yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Sebagai negara yang berbentuk monarki konstitusional yang dipimpin oleh Raja, Ratu atau Kaisar ini, tentunya Kamboja memiliki cerita sejarah mengenai kerajaan yang menarik untuk ditelusuri.

Satu cerita sejarah yang populer yaitu mengenai Kerajaan Khmer di Kamboja yang dulunya merupakan kerajaan paling maju dan berkuasa di Asia Tenggara. Setelah terjadinya peperangan saudara, semua cerita kini menjadi sejarah yang panjang. Kisah Kerajaan Khmer meninggalkan beberapa jejak di Kamboja yang menarik untuk dikunjungi. Sejarah inilah yang menjadi daya tarik utama wisata bersejarah di Kamboja dan tentunya sangat menarik untuk ditelusuri.

Anda penasaran dengan tempat-tempat wisata bersejarah di Kamboja? Segera rencanakan liburan anda ke Kamboja. Anda perlu mempersiapkan segala kebutuhan liburan anda seperti tiket pesawat dari berbagai maskapai, seperti Air Asia, dan sebagainya. Lalu persiapkan reservasi hotel, sewa mobil, tiket masuk wisata dan sebagainya. Semua ini anda bisa siapkan dengan praktis dan mudah melalui aplikasi Traveloka.

Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata bersejarah di Kamboja yang menarik dan wajib dikunjungi. Simak ulasan selengkapnya.

 

  1. Angkor Wat

Rekomendasi tempat wisata bersejarah di Kamboja yang pertama adalah Angkor Wat. Angkor Wat merupakan tempat bersejarah berupa sebuah kuil yang dibangun pada awal abad ke-12. Angkor Wat ini merupakan situs keagamaan terbesar di dunia. Disana, anda akan menemukan berbagai reruntuhan kuil dan kompleks perkotaan yang dibangun dari abad ke-8 hingga abad ke-14.

Pada masa rentang abad itu, banyak proyek konstruksi yang dibangun di Kamboja. Angkor Wat salah satunya, yang paling terlihat menonjol dan terdengar ke seluruh dunia. Salah satu tempat di Angkor Wat pernah dijadikan tempat syuting film Hollywood, yaitu Tomb Raider, yang mengambil Ta Prohm sebagai latar lokasinya. Ta Prohm masih termasuk kedalam tempat yang berada di dalam kompleks Angkor Wat. Disana, terdapat kuil yang diselimuti dengan akar pohon besar. Berbagai spot yang unik dan menarik bisa anda temukan di Angkor Wat.

  1. Banteay Chhmar

Sama seperti Angkor Wat, Banteay Chhmar juga merupakan tempat bersejarah yang menyajikan sejarah kerajaan di Kamboja. Banteay Chhmar ini merupakan kompleks reruntuhan kuil terbesar kedua setelah Angkor Wat. Banteay Chhmar dibangun pada abad ke-12. Disana, anda akan melihat berbagai reruntuhan kuil bekas kejayaan Kerajaan Khmar di masa lalu. Sejarah yang panjang tersebut disajikan melalui relief batu yang diukir dengan presisi. Untuk mengunjungi Banteay Chhmar, anda perlu melakukan perjalanan sekitar 2 jam dari Siem Raep.

  1. Prasat Preah Vihear

Prasat Preah Vihear merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Kamboja yang memperlihatkan reruntuhan kuil Hindu. Tempat ini selalu dijadikan tempat berziarah. Bahkan, Prasat Preah Vihear ini merupakan salah satu situs UNESCO World Heritage. Tempat wisata bersejarah yang satu ini terletak di perbatasan antara Thailand dan Kamboja. Hal ini memunculkan perseteruan terkait perebutan wilayah Prasat Preah Vihear. Pada akhirnya, pada tahun 2013 Mahkamah Internasional memutuskan bahwa Prasat Preah Vihear masuk ke dalam teritori Kamboja.

  1. Istana Kerajaan Phnom Penh

Apabila anda berkunjung ke Kamboja, tentu anda wajib untuk mendatangi tempat kediaman Raja Kamboja beserta keluarga kerajaan. Istana Kerajaan Phnom Penh merupakan kompleks bangunan megah yang merupakan tempat tinggal Raja Kamboja. Bangunan istana kerajaan ini tentu sangat menakjubkan, arsitektur bangunannya dibuat menjadi sangat megah dan menawan.

Di kompleks istana kerajaan Phnom Penh, anda akan menemukan sebuah bangunan megah yang disebut sebagai Silver Pagoda. Silver Pagoda merupakan sebuah kuil dengan lantai ubin yang berwarna perak. Maka dari itu, disebut sebagai Silver Pagoda. Tak hanya itu, disana terdapat sebuah patung Buddha yang terbuat dari emas dan berhiaskan ribuan berlian.

  1. Sihanoukville

Bukan merupakan tempat wisata bersejarah, namun salah satu tempat wisata alam di Kamboja ini termasuk populer dan wajib untuk anda kunjungi. Sihanoukville atau Kampong Som merupakan sebuah kota pesisir di Kamboja yang menyajikan destinasi wisata alam seperti pantai. Pantai yang satu ini sangat populer, ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal hingga mancanegara. Ada beberapa pantai yang bisa anda kunjungi disana. Diantaranya adalah Independent Beach, Sokha Beach, Serendipity Beach, Otres Beach dan masih banyak lagi. Pantai-pantai tersebut merupakan pantai yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Masing-masing pantai memiliki daya tariknya masing-masing. Seperti contohnya, jika anda berminat untuk menginap di resor mewah di sekitar pantai, anda bisa memilih Independence Beach. Disana, sudah tersedia berbagai resor mewah yang bisa anda tempati. Selain itu, jika anda menginginkan datang ke pantai yang sunyi dan sepi, anda bisa memilih Otres Beach.

Sekian beberapa rekomendasi tempat wisata bersejarah di Kamboja yang menarik dan wajib untuk anda kunjungi ketika sedang liburan disana. Bagaimana, apakah anda tertarik dengan berbagai tempat wisata di Kamboja yang menyimpan banyak cerita di masa lalu? Segera merencanakan perjalanan ke Kamboja dan persiapkan semuanya melalui aplikasi Traveloka. Dapatkan berbagai promo menarik dari Traveloka!

Exit mobile version