Ratusan Siswa Kota Ambon Ikut Lomba Bertutur, Resensi, Pidato dan Pemilihan Duta Baca

Berbagai lomba untuk siswa yang digelar dalam rangka HUT ke-444 Kota Ambon.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)- Guna mencegah anak terfokus pada perkembangan zaman yang instan dimana masa perkembangan kreatifnya dan masa kanak-kanak hanya bermain game online, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon mengelar 4 mata lomba yakni, lomba bertutur diikuti SD/MI, lomba resensi diikuti SMP/MTs, lomba pidato diikuti SMP/MTs, dan pemilihan duta baca diikuti SMP/MTs.

Untuk lomba bertutur sebanyak 85 peserta, lomba resensi dan pidato 40-50 peserta, dan duta baca 20 peserta dan sekolah-sekolah sangat berpartisipasi dalam kegiatan ini, kegiatan dilaksanakan tanggal 3-5 September.

Lomba bertutur yang diadakan juga merupakan salah satu kegiatan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-444 kota Ambon tahun 2019, dan mensukseskan gerakan Ambon gemar membaca,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Ambon, Piet Pattiasina, kepada wartawan, Maluku City Mall, Selasa (3/9/2019).

Dikatakan, lomba yang diadakan bertujuan untuk menciptakan minta baca bagi anak yang ada di kota Ambon. “Kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan minat baca dari anak-anak tetapi terutama dari kegiatan seperti ini anak bisa giat membaca,” ujarnya.

Menurutnya, dengan lomba bertutur yang diadakan anak bisa mengeksplorasi bacaan yang dibacanya maupun di dengarnya dan disampaikan kepada anak lain sehingga memberikan dampak baik bagi anak lainnya dalam tumbuh kembangnya. Diakui, dengan bertutur anak dapat menyampaikan isi cerita yang dapat menjadi pelajaran baginya dan anak yang mendengar tuturannya.

Tak hanya bertutur saja, lomba yang diadakan juga antara lain Resensi, Pidato dan Pemilihan Duta Baca yang lebih difokuskan untuk siswa SMP/MTs. “Kemudian pidato, lomba duta baca untuk mencari duta baca kemudian juga ada resensi itu semua di buat dalam rangka HUT kota. Untuk partisipasi setiap sekolah sangat baik karena terbukti ada banyak anak yang mengikuti lomba yang diadakan tersebut,” tutup dia. (EVA)

Exit mobile version