Ratusan Lapak Pedagang Pasar Mardika Akhirnya Dibongkar

Pasar Mardika akhirnya dibongkar untuk proses renovasi.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)- Sebanyak 200 lebih lapak pedagang pasar Mardika dibongkar pukul 10.00 WIT, Selasa (22/9/2020). Dalam pembongkaran tidak ada perlawanan dan berjalan dengan baik, dengan melibatkan tim gabungan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Ambon, puluhan anggota TNI-Polri dan Sat Pol-PP Kota Ambon.

Mesti pembongkaran sempat ditunda beberapa kali Disperindag Kota Ambon, merealisasi pembongkaran lapak pedagang, di pasar Mardika Ambon.

Sekretaris Disperindag Kota Ambon, Janes Aponno mengakui, masih ada para pedagang yang belum ingin pindah, tapi setelah pembongkaran dilakukan mereka hanya bisa menyesuaikan.

“Kadang banyak yang belum ingin pindah tapi setelah pembongkaran mereka juga harus sesuaikan, dan hari ini jumlah lapak yang dibongkar lebih dari 200,” akuinya.

Pedagang direlokasikan di 3 pasar yakni Transit Passo, Pasar Ole-ole, dan Pasar Apung yang sudah sediakan Pemkot Ambon. Dijelaskan, pembongkaran bertujuan agar pedagang dipindah guna proses pembangunan pasar Mardika.

“Sebelum pembongkaran ini, kita sudah melakukan berbagai langkah-langkah seperti sosialisasi, himbauan kepada semua pedagang yang terkena dampak revitalisasi Pasar Mardika,” terang Aponno.

Aponno menjelaska, sebenarnya pihaknya bermaksud untuk pedagang membongkar lapak mereka sendiri, tapi karena waktu yang diberikan tidak digunakan sebaik mungkin maka kita sendiri mengambil langkah.

“Dalam langkah ini, bukan kita bongkar dan biarkan mereka begitu saja tapi semuanya telah disiapkan untuk perpindahan, dan tinggal mereka menampati tempat yang sudah disediakan melalui undian -undian,” jelasnya.

Selain itu, sebelumnya kita sudah melakukan pengundian, pembongkaran tergantung dari alat, tapi kita berharap dalam 2-3 hari pembongkaran ini sudah selesai.

Untuk revitalisasi merupakan kewenangan Dinas PUPR, dan tugas kita hanya merelokasi para pedagang. “Terkait dengan revitalisasi adalah tugas PU untuk melakukan pembongkaran dan pembangunan,”tandas dia.(EVA)

 

Exit mobile version