Raja Laha, Urimessing dan Naku Dilantik Bulan Ini

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena.

AMBON (info-ambon.com)– Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena memastikan tiga raja negeri akan dilantik pada bulan Agustus 2022 ini. Tiga negeri tersebut yakni, Laha, Urimessing, dan Naku.

‘’Pelantikan raja negeri untuk melanjutkan Pemerintahan pada negeri yang ada. Saya telah bentuk tim percepatan penyelesaian masalah Raja definitif di negeri adat di Kota Ambon, agar lebih tertib lagi dalam proses pelantikan di bulan ini,” katanya kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (4/8/2022).

Dijelaskan, ada beberapa negeri yang belum dilantik raja definifnya dan mereka tetap berproses, sementara tiga Negeri, yakni Laha, Urimessing, dan Naku telah melakukan pengajuan dan menunggu waktu pelantikan.

“Tiga Negeri ini telah berproses, ada juga yang belum berproses, misalnya Batumerah dan Passo sementara menunggu keputusan Pengadilan Negeri (PN) untuk memiliki kekuatan adat tetap. Oleh karena itu, saya berharap kalau tiga negeri ini sudah dilantik bisa menular ke enam negeri lain untuk cepat mempersiapkan terkait penetapan Raja, dengan Saniri dan mata rumah Parentah,” ujar Wattimena.

Untuk diketahui, Negeri yang belum berproses untuk pelantikan Raja definitf, yakni, Amahusu, Rumahtiga.  Hative Besar, Tawiri, Passo, Batumerah.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota telah meminta kepada Sekretaris Kota, Asisten I, Kabag Pemerintahan untuk segera menyelesaikan proses-proses di negeri adat yang belum memiliki raja defenitif. (EVA)

Exit mobile version