PUPR Maluku: 3 Jembatan di Seram Rusak Akibat Hujan

AMBON(info-ambon.com)-Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku, Ismael Usemahu, Minggu (9/6/2019) mengakui, akibat tingginya curah hujan yang terjadi di Maluku dalam sebulan terakhir ini, 3 buah jembatan di Pulau Seram, Maluku mengalami kerusakan.

Kepada wartawan di lokasi IAIN Ambon saat meninjau kerusakan bangunan disana, Usemahu sampaikan, pihaknya kini sementara fokus untuk memperbaiki jembatan yang rusak tersebut, agar masyarakat tidak terganggu dalam melakukan aktifitas.

‘’Di Pulau Seram, ada beberapa jembatan yang rusak apakah itu karena oprinnya putus atau bangunan bawahnya tergerus air, sehingga mengalami puntir. Kondisi ini terjadi pada  Jembatan Wai Nari, Jembatan Wai Kaka, dan dari Piru  menuju Taniewe kerusakan juga terjadi di Jembatan Wai Kaputi,’’ jelasnya.

Walau kondisi masih kurang bersahabat, namun pihaknya tetap berupaya melakukan penanganan darurat berupa normalisasi dan penimbunan, sehingga diharapkan bisa difungsikan dalam waktu singkat.

‘”Saat ini, sesuai laporan dari sana, jembatan Wai Nari sudah bisa diperbaiki, sehingga akses jalan masyarakat baik dengan menggunakan roda 2 maupun roda 4 bisa lancer kembali,’’ jelasnya.

Khusus jembatan Wai Kaka, karena pilarnya itu mengalami penurunan yang cukup besar, sehingga pihaknya sementara melihat situasi. Kalau sudah sudah stabil dan tidak turun lagi, maka akan dipasang jembatan belly, agar kendaraan roda 2 dan 4 bisa lewat.

Diakui, untuk sementara transportasi ke pulau Seram agak terganggu, namun pihaknya terus berupaya memperbaiki kerusakan yang terjadi, sehingga aktifitas perekonomian dan kemasyarakatan bisa tetap berlangsung normal.

Disebutkan, untuk sementara, transportasi dari Waipirit ke menuju Maluku Tengah bisa menggunakan jalur laut, karena ada armada yang sudah disiapkan Dinas Perhubungan untuk membantu masyarakat.

‘’Jadi untuk jembatan yang rusak di Seram itu totalnya 3, yakni Wai Nari, Wai Kaka dan jembatan Wai Kaputi ada juga beberapa deker yang mengalami kerusakan, dan bisa ditangani. Sementara di Pulau Ambon juga ada jalan arah Laha ke Wakasihu yang mengalami gerusan pada taludanya, juga sudah diperbaiki,’’ demikian Usemahu. (PJ)

Exit mobile version