Presiden RI Sumbang Hewan Kurban kepada Panitia Idul Adha Mesjid

Penyerahan hewan kurban dari Presiden RI, Gubernur Maluku dan Penjabat Walikota Ambon di Ambon, Kamis.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Hewan Kurban bantuan Presiden RI, Joko Widodo, Gubernur Maluku, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon diserahkan untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1443 H nanti. Penyerahkan hewan kurban diserahkan lansung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail, kepada penerima di halaman Mesjid Raya Al-fatah, Kamis (7/7/2022).

Diketahui, hewan kurban pemberian Presiden berupa satu ekor sapi jenis peranakan Ongole yang usianya baru berumur 5 tahun, berbobot 850 kg, berasal dari Kobisonta Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah. Gubernur juga menyerahkan bantuan hewan kurban berupa satu ekor sapi usia 3 tahun dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) jenis Limosin seberat 800 kg kepada pengurus masjid Hasan Solaiman Negeri Hila Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), serta 105 ekor kambing dan 51 ekor sapi yang bakal disalurkan merata ke empat Kabupaten/Kota yakni Kota Ambon, Malteng, Seram Bagian Barat (SBB) dan Buru Selatan (Bursel).

Pemkot Ambon menyumbang 60 ekor hewan kurban berupa sapi 30 ekor dan kambing 30 ekor, yang akan disalurkan ke panitia Idul Adha di sejumlah mesjid di Kota Ambon.

Dalam sambutan sebelum penyerahan hewan kurban, Gubernur sampaikan empat hal yang bisa diteladani diantaranya umat Islam diharapkan dapat mengikuti jejak Nabi Ibrahim dan putranya Ismail yang dengan penuh keikhlasan lahir batin mampu mengorbankan sesuatu yang sangat dicintainya, untuk memenuhi perintah Allah.

“Jadilah sosok Nabi Ismail, jadilah sosok Nabi Ismail yang berani berkorban karena keteguhan iman dan baktinya kepada kedua orang tuanya,”ujarnya.

Hal lain, Gubernur menganjurkan kepada umat Islam yang telah mempunyai kesanggupan untuk menyembelih hewan kurban, hendaknya dilaksanakan tanpa ragu-ragu, tulus, serta ikhlas, sebagai sarana untuk membersihkan dan mendekatkan diri kepada Allah.

“Penyembelihan hewan kurban, di samping menunaikan Syariat Islam, juga memberikan pesan moral yang baik kepada golongan fakir dan miskin. Hal tersebut merupakan salah satu upaya kita untuk menghilangkan jurang pemisah antara si kaya dan si miskin, sehingga keduanya diharapkan bisa hidup berdampingan saling tolong-menolong dengan penuh kedamaian “terangnya.

Gubernur mengapresiasi penyerahan hewan kurban saat ini, karena dilaksanakan bersama-sama dengan pemerintah kota Ambon. Diharapkan bantuan hewan kurban dapat disalurkan kepada mereka yang layak menerimanya.

“Semoga dengan berkorban ini kita semua dapat menjadi muslimin muslimat yang memiliki kualitas keikhlasan yang lebih baik dalam menjalankan,”tutupnya. (EVA)

Exit mobile version