PPK se-Kota Ambon Dilantik

Pelantikan PPK se-Kota Ambon jelang Pemilu 2024, Rabu.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Pelantikan dan Sumpah Janji Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Ambon. Pelantikan ini dilakukan guna menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) baik ditingkat nasional sampai daerah. Pelantikan berlangsung di Ruangan Vllisingen, Rabu (4/1/2022).

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan, Panitia Pemilihan Kecamatan merupakan salah satu unsur penyelenggara pemilu dan Pemilukada yang bekerja di wilayah kecamatan dan bersentuhan secara langsung dilapangan untuk selalu menjaga integritas di tahun 2024.

“Anggota PPK harus mampu bersikap proaktif dalam pelaksanaan pemilu maupun Pemilukada sehingga semua dapat berjalan lancar, baik, dan aman,” ungkapnya.

Diakui, tugas pokok dan fungsi PPK sangatlah strategis  mulai dari tahap perencanaan sampai evaluasi.

“Saya menaruh harapan kepada anggota PPK yang baru saja dilantik  untuk segera melakukan koordinasi internal baik vertikal maupun horisontal,” jelas Wattimena.

Untuk itu, Ia mengingatkan, anggota PKK untuk membaca serta memahami dan menguasai peraturan perundangan-undangan yang berlaku maupun aturan turunannya.

Selain itu, sebagai anggota PPK harus turut memberikan edukasi terkait penyelenggaraan pemilu bagi masyarakat di wilayah tugasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Ambon Muhammad Shaddek Fuad menambahkan, 25 anggota PPK yang lulus dilantik sebagai  penyelenggara pemilu di setiap kecamatan di Kota Ambon.

“Sebagai perpanjangan tangan baik secara nasional dan daerah yang telah dilantik memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam menyukseskan Pemilu dan Pemilukada di tahun 2024,” akuinya.

Untuk itu, hubungan sinergitas kepada seluruh stakeholder di tingkat kecamatan merupakan hal utama sehingga tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan baik.

“Disadari sungguh tugas dan tanggungjawab ini tidak bisa diselesaikan sendiri, kebersamaan adalah hal yang penting,” pungkas Wattimena.

Hadir dalam kegiatan seluruh Forkopimda di lingkup Pemkot Ambon, dan 5 Kecamatan di Kota Ambon. (EVA)

Exit mobile version