Pokja Ambon Temui DPR RI Bicara Cagar Budaya Benteng Victoria

Pokja Ambon saat bertemu dengan Wakil Ketua DPR RI di Jakarta, tadi siang.-HT-

JAKARTA(info-ambon.com)-Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk merelokasi Markas Kodam XVI Pattimura dan merivitalisasi Benteng Victoria, terus dilakukan.  Secara marathon, rombongan Kelompok Kerja (Pokja) yang terdiri dari Pemkot Ambon dan Kodam XVI Pattimura, di pimpin langsung Walikota Ambon Richard Louhenapessy, bertemu Wakil Ketua I DPR RI Azis Samsudin di ruang kerjanya, Selasa (11/02/20202).

Dihadapan Wakil Ketua DPR RI, Azis Samsudin, Walikota Ambon dua periode ini memaparkan rencana relokasi Makodam XVI Pattimura dan Relokasi benteng Victoria oleh Pemkot Ambon bersama Kodam XVI Pattimura, sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu, dan mulai intens dilakukan pada tahun 2019″Awalnya kita diskusi bersama Kodam pada tahun 2015 lalu,  dan Pihak Kodam menyetujui rencana relokasi dan revitalisasi ini”ungkap Richard Louhenapessy.

Politisi partai Golkar kota Ambon ini menambahkan, setelah pihak Kodam menyetujui ide relokasi ini, lalu mulai dibentuk tim kerja untuk mengatur langkah-langkah”Alhamdulillah Pa Waka, semua berjalan lancar, dan kita sudah bertemu KASAD dan KASAD memberikan Lampu Hijau dan mendukung rencana ini. Kita masih menunggu persetujuan secara tertulis dari KASAD”tambah Walikota Ambon.

Berita Terkait: Benteng Victoria akan Dikelola Pemkot Ambon. KASAD Setuju

Ia menambahkan, selain bertemu KASAD, Tim kerja sudah melakukan pertemuan secara khsusus dengan Menteri Bappenas dan hal yang sama juga telah mendapat persetujuan Menteri Bappenas”Menteri Bappenas akan berkoordinasi dengan Menteri keuangan dan menteri Pertahanan”tambah Walikota Ambon dua periode ini.

Dihadapan Walikota Ambon dan tim Kodam XVI Pattimura, Wakil ketua DPR RI Azis Samsudin mengungkapkan, jika telah mendapatkan persetujuan KASAD DPR RI akan mendorong itu baik melalui rapat-rapat komisi maupun rapat-rapat anggaran”ungkap Azis.

Ia juga meminta Walikota Ambon dan Tim Pokja untuk juga melakukan pertemuan bersama komisi X dan komisi XI DPR RI untuk membicarakan ini.

Usai bertemu Wakil Ketua DPR RI, secara marathon Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama tim bertemu komisi I DPR RI. Pertemuan di gelar di ruang rapat komisi I DPR RI. Rombongan Walikota Ambon diterima Wakil Ketua komisi I Abdul Asis dari Partai PKS bersama dua anggota komisi dari Partai Golkar dan Partai Gerindra.

Setelah memaparkan rencana relokasi Makodam XVI Pattimura dan Relokasi Benteng Victoria, Wakil ketua komisi I Abdul Asisten Menegaskan, mendukung betul rencana Pemerintah kota Ambon.

Menurutnya, Benteng victoria harus menjadi cagar budaya yang diharapkan bisa menarik wisatawan untuk datang berkunjung. “Pada prinsipnya kita setuju, dan kita minta agar dilakukan juga audence dengan komisi X dan XI, agar bisa sama-sama sama kita dorong dalam rapat-rapat”ungkap politis partai PKS. 

Ia menambahkan, dengan pembiayaan yang cukup besar ini, butuh perjuangan yang ekstra agar bisa terakomodir dalam APBN. “Lepas dari semua itu, saya apresiasi betul langkah yang di ambil Walikota Ambon bersama Kodam XVI Pattimura”tutupnya. (HT/PJ)

Exit mobile version