PLN UIW MMU Gelar Sosialisasi Penggunaan Kompor Induksi di Malra

LANGGUR(info-ambon.com)- PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) bersama dengan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tual, menggelar Sosialisasi Penggunaan Kompor Induksi dan mendorong penerapan Electrifying Lifestyle kepada PKK Kabupaten Maluku Tenggara di Kantor Bupati Maluku Tenggara, Jumat (19/7/2019), kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi agar masyarakat mulai beralih menggunakan kompor induksi atau kompor listrik.

Manager PLN UP3 Tual, Alexander J. Manuhuwa menuturkan, sosialisasi dan edukasi ini dilakukan oleh PLN melalui semangat Electricity for A Better Life melalui penyampaian alternatif baru dalam memasak, yaitu melalui kompor induksi.

“Penggunaan kompor induksi ini tentunya aman, praktis, dan ramah lingkungan yang mendukung isu global tentang pencemaran lingkungan seperti efek rumah kaca”, terangnya

Disebutkan, terdapat banyak kelebihan dan keuntungan untuk menggunakan kompor induksi dibandingkan dengan kompor konvensional yang saat ini umum digunakan

“Jadi jika kita bandingkan penggunaan kompor induksi dengan kompor gas, kompor induksi ini lebih hemat dengan biaya Rp 105.696,- dapat memasak selama 60 jam dibandingkan dengan menggunakan kompor konvensional yang menghabiskan biaya Rp 300.000,-. Maka kompor induksi ini lebih hemat hamper 200 persen” jelas dia.

Untuk beban listrik dalam pemakaiannya, masing-masing kompor listrik dapat diatur sesuai kebutuhan mulai dari 600 watt hingga 1.200 watt.

“Tidak perlu khawatir kalau takut daya listrik di rumah tidak cukup, bisa tambah daya. PLN memiliki program bagi pemilik kompor induksi diberikan diskon 75 persen untuk tambah daya,” kata Alex saat menjawab pertanyaan dari salah satu peserta sosialisasi terkait dengan daya listrik di rumahnya.

Ditambahkan, masyarakat tidak perlu takut untuk melakukan permohonan tambah daya, karena daya mampu pada sistem kelistrikan di Maluku Tenggara dan Kota Tual cukup untuk mendukung pemanfaatan listrik dalam aktivitas sehari-hari maupun untuk kegiatan ekonomi.

“Silahkan ibu mengajukan permohonan tambah daya apabila takut nanti daya listrik yang terpasang saat ini tidak mampu saat menggunakan kompor induksi, tidak hanya itu mungkin kalo ibu mau membuka usaha dan investasi kami PLN akan melayani dengan senang hati.” Kata Manuhua

Selain sosialisasi kompor induksi, dalam acara tersebut PLN sekaligus melakukan demo masak menggunakan kompor induksi sehingga masyarakat dapat dengan langsung melihat penggunaan kompor induksi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta pemberian souvenir dan doorprize berupa kompor induksi kepada para peserta.

Sementara itu, Ketua Tim PKK Kabupaten Maluku Tenggara Eva Hanubun menyambut positif kegiatan ini, dan menyampaikan semoga kedepannya kerjasama seperti ini dapat berjalan dengan baik dan berharap dikemudian hari ada event bersama PLN kembali.

“Kami harapkan nantinya kerjasama seperti ini dapat dijalin kembali dengan PLN, mungkin dengan acara lomba masak dengan kompor induksi atau semacamnya yang dapat mempererat silaturahmi” ujar Eva.(EVA)

Exit mobile version