PLN UIW MMU Beri Bantuan Fasilitas IT bagi SD Inpres 24 Ambon

AMBON (info-ambon.com)-PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) memberikan bantuan fasilitas sekolah kepada SD Inpres 24 Ambon, Selasa (23/8/2023).

Bantuan yang diberikan berupa 1 unit bangunan yang diperuntukkan sebagai ruang Information and Technology (IT), laptop, printer, dan perlengkapan meja kursi di sekolah tersebut.

“Bantuan yang disalurkan ini bagian dari tanggung jawab perusahaan dalam kerangka program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), terutama dalam mendorong perkembangan dunia pendidikan, khususnya di wilayah kerja kami,” tutur Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam rilis tertulis yang diterima Redaksi info-ambon.com, Rabu (23/8/2023).

Disebutkan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya, pihaknya mendapati sebuah ruangan lama yang pernah dibangun di SD Inpres 24 Ambon, namun mangkrak.

Kontruksi bangunan yang dirasa tidak tahan gempa, PLN kemudian membangun kembali dengan material baru.

Melihat kebutuhan krusial sekolah tersebut, bangunan itupun dialih fungsikan sebagai ruang IT.

“PLN survey bangunan lama yang pernah dibangun sekolah namun mangkrak. Nah, kami bangun baru dikarenakan konstruksi yang dirasa tidak tahan gempa, sehingga lebih layak untuk digunakan” sebutnya.

Diharapkan, melalui bantuan tersebut, SD Inpres 24 Ambon lebih melek IT dan bisa melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan memiliki kemampuan yang mumpuni di masa mendatang.

Sementara itu, Kepala SD Inpres 24 Ambon, Mariam Dasfordate mengapresiasi PLN yang turut mewujudkan impian sekolah dalam hal pengadaan ruang IT bagi siswa-siswi.

“Kami memiliki 176 siswa. Kurangnya ruang kelas membuat kami mengatur kelas bergantian, pagi dan siang bagi siswa. Fasilitas meja kursi yang minim juga membuat anak-anak terpaksa duduk berdua di satu kursi,” akunya.

Hal yang paling menantang, diakuinya, ketika masa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tiba.

Pihak sekolah terpaksa bergabung bersama sekolah yang memiliki ruangan dan fasilitas IT.

Sebab, di tahun-tahun sebelumnya SD Inpres 24 Ambon tidak memiliki ruang khusus IT beserta fasilitas nya.

“Sebelumnya kami tidak punya ruang IT, jadi ketika masa kamu UNBK, kami gabung dengan sekolah lain, jadi kami tidak mandiri dalam hal pelaksanaan UNBK,” kata dia.

Selain itu juga, sekolah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar, yang tentunya harus didukung dengan fasilitas IT.

“Jadi, kami sangat mengapresiasi bantuan PLN UIW MMU ini. Sudah lama kami memimpikan akses teknologi digital bagi para siswa melalui penyediaan ruang IT beserta fasilitasnya,” sambungnya.

Dia berharap, para siswa dan guru dapat memanfaatkan ruang IT untuk kemajuan, agar ke depannya sekolah yang dipimpinnya mampu bersaing di berbagai bidang.

“Saya berharap dengan adanya ruang IT ini, siswa-siswi di sini bisa bersaing dengan sekolah lain. Dan kalau boleh semua kelas itu memiliki fasilitas berbasis teknologi seperti komputer yang dilengkapi dengan internet juga proyektor sehingga pembelajaran menjadi lebih modern sesuai dengan tuntutan zaman,” pungkasnya. (EVA)

Exit mobile version