PLN UIP Maluku Berikan Bantuan Terumbu Karang di Laha

AMBON (info-ambon.com)- PLN Unit Induk Pembangunan Maluku menunjukkan kepeduliannya terhadap kondisi lingkungan di Kota Ambon. Satu di antaranya terhadap terumbu karang di Desa Laha. Maka Untuk meningkatkan kondisi terumbu karang di Desa Laha, PLN UIP Maluku memberikan bantuan Penanaman Terumbu Karang melalui Program Corporate Social Responsibility senilai Rp 100 juta. Bantuan diserahkan secara simbolis di Dermaga pada Sabtu (12/12/2020).

Menurut General Manager PLN UIP Maluku, Jonner MP Pardosi, pemberian bantuan tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan sektor pariwisata melalui penanaman terumbu karang agar menjadi coral garden, meningkatkan pendapatan masyarakat dan menambah alternatif mata pencaharian masyarakat.

Dikatakannya, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati, PLN Peduli kali ini memfokuskan pada upaya melestarikan dengan teknik transplantasi pada beberapa titik terumbu karang di Desa Laha yang mengalami kerusakan.

“Bekerjasama dengan Laha Dive Packer yang merupakan Dive Center Lokal, PLN melaksanakan program penanaman terumbu karang. PLN senantiasa mendukung upaya pelestarian alam karena memiliki peran penting dalam menumbuhkan ekosistem laut,” kata Jonner.
Ia berharap, dengan membaiknya kualitas terumbu karang di Desa Laha , kawasan ini akan semakin menarik wisatawan khusus nya diving yang datang sehingga berdampak pada perkembangan ekonomi di Desa Laha.

“Dengan terpeliharanya terumbu karang, akan berpotensi menjadi objek wisata bawah air yang menarik para Wisatawan. Semoga dengan program CSR yang kami laksanakan dapat memberi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat, dan PLN turut berkontribusi dalam perkembangan ekonomi melalui pariwisata,” tambah Jonner.

Ketua Laha Dive Packer, Dude , mengapresiasi PLN yang telah ikut berpartisipasi dalam mengembangkan potensi wisata bahari di Desa Laha.
“Kami mengapresiasi upaya PLN dalam merealisasikan program penanaman terumbu karang ini. Kita tahu bahwa Desa Laha merupakan andalan wisata bahari yang masih memerlukan pengembangan oleh semua pihak, seperti pembinaan masyarakat dan fasilitas lainnya untuk mendukung serta meningkatkan geliat pariwisata,” ungkap Dude.

Berkesempatan hadir juga Komandan Landasan Pattimura Kolonel Pnb Sapuan dan ikut melaksanakan penanaman terumbu karang. “ program CSR yang sangat bagus karena Laha terkenal di internasional dengan biota bawah lautnya, harusnya lebih banyak lagi bumn atau perusahaan yang menjalankan program CSRnya seperti PLN“ kata Sapuan.

Sementara itu Sekretaris Desa Laha, Fahmi Mewar, menyampaikan ucapan terimakasih kepada PLN atas bantuan dan partisipasinya dalam mewujudkan pelestarian alam dan meningkatkan potensi pariwisata di Desa Laha.
“Bantuan yang telah diberikan PLN diharapkan juga dapat menjadi awal pelestarian alam bawah laut di Desa Laha. Kami akan jaga kepercayaan dari PLN ini, dan mudah-mudahan dengan dukungan dari berbagai pihak akan semakin meningkatkan perekonomian di Desa Laha,” pungkas Fahmi.(EVA)

Exit mobile version