PLN Siap Amankan Pasokan Listrik Gelaran MTQ XXIX di Saumlaki

PLN siap layani pasokan listrik selama pelaksanaan MTQ Provinsi di Saumlaki.-dok-

AMBON (info-ambon.com)-PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) siap untuk mengamankan gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Maluku tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Adapun pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku ini akan berlangsung pada tanggal 18 – 24 Maret 2022, yang pembukaannya akan digelar di Lapangan Mandriak, Saumlaki tanggal 18 Maret 2022.

Dalam rangka mendukung kesiapan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku tersebut, PLN menyiapkan berbagai langkah pengamanan keandalan sistem kelistrikan dan juga infrastruktur kelistrikan pendukungnya.

Khusus untuk acara Pembukaan Gelaran MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku di Lapangan Mandriak, PLN menyiapkan dua unit Genset Mobile berkapasitas 200 kilo watt (kW) dan 100 kW di lokasi tersebut.

Selain itu, PLN juga memperkuat keandalan pasokan kelistrikan dari Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) pada sistem kelistrikan Saumlaki sebagai backup sistem yang di supply dari PLTD Bomaki.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara menyampaikan bahwa pihaknya secara proaktif terus melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta Panitia Penyelenggaraan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku, terutama terkait dengan pengamanan kelistrikan di lokasi-lokasi yang akan digunakan untuk gelaran MTQ ini.

“Kami siap untuk mengamankan pasokan kelistrikan gelaran MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku, baik mulai dari pameran yang berlangsung tanghal 17 Maret 2022 sebelum kegiatan pembukaan sampai dengan penutupan perhelatan akbar ini serta kelistrikan di Saumlaki secara umumnya selepas kegiatan ini berlangsung”, tutur Adams dalam rilis tertulis yang diterima info-ambon.com, Selasa (15/3/2022).

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, PLN mengerahkan 59 personil yang akan disebar ke  10 (sepuluh) lokasi pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Maluku yang akan bersiaga menjaga keandalan sistem kelistrikan sejak 15 – 24 Maret 2022.

Selain itu, PLN turut menyiagakan Genset Mobile sebanyak 2 (dua) unit berkapasitas masing-masing 100 kilo watt (kW) dan 200 kW serta 7 (tujuh) unit Genset berkapasitas mulai dari 5 kW, 8 kW, 20 kW dan 40 kW.

PLN juga memastikan ketersediaan pasokan listrik di Saumlaki cukup. Saat ini sistem kelistrikan Saumlaki memiliki daya mampu sebesar 6,3 Megawatt (MW) dengan beban puncak 4,81 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 1,49 MW. Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran MTQ XXIX ini diprediksi mencapai 5,3 MW. (EVA)

Exit mobile version