PLN Siagakan 1.330 Petugas Amankan Kelistrikan saat Idul Fitri di Maluku dan Malut

PLN siaga saat Idul Fitri 1442H di Maluku dan Maluku Utara.-dok-

AMBON (info-ambon.com)-PLN menyiagakan sebanyak 1.330 petugas dalam rangka siaga pengamanan kelistrikan Idul Fitri 1443 H di Maluku dan Maluku Utara. Keseluruhan personil tersebut disiakan sejak 25 April 2022 hingga 9 Mei 2022 mendatang.

“Untuk ketersediaan daya listrik yang tersedia di Maluku dan Maluku Utara kami pastikan cukup. Secara total, Daya Mampu kelistrikan di Maluku dan Maluku Utara sendiri mencapai 342,18 Mega Watt (MW) dengan Beban Puncak sebesar 226,1 MW. Maka terdapat cadangan daya sebesar 115,97 MW”, ungkap Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Hairul Hatala, Sabtu (30/4/2022) kepada info-ambon.com di Ambon.

Untuk sistem kelistrikan Ambon sendiri, Beban Puncak saat Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H diproyeksikan mencapai 59,20 MW. Dengan Daya Mampu sebesar 107,7 MW, maka terdapat Cadangan Daya sebesar 48,50 MW.

Sedangkan untuk sistem kelistrikan Ternate-Tidore, Beban Puncak saat Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H diproyeksikan mencapai 37,88 MW. Dengan Daya Mampu sebesar 45,28 MW, maka Cadangan Daya yang tersedia mencapai 7,40 MW.

Lebih lanjut Hairul juga menambahkan bahwa PLN juga akan bersiaga di 22 titik lokasi pengamanan selama perayaan Idul Fitri 1443 H di Maluku dan Maluku Utara.

“22 titik tersebut merupakan lokasi-lokasi strategis seperti rumah ibadah maupun lokasi pelaksanaan Shalat Ied”, tambahnya.

Di samping itu, sebagai langkah preventif pengamaman pasokan kelistrikan dengan sistem berlapis untuk menghindari adanya ganggu kelistrikan yang tidak terduga seperti akibat cuaca ekstrim, PLN juga menyiapkan peralatan pengamanan kelistrikan lainnya.

“Kami pun menyiagakan 5 unit Uninteruptible Power Supply (UPS), 29 Unit Gardu Bergerak dan 32 unit Genset tersebar di Maluku dan Maluku Utara yang akan disiagakan pada titik-titik strategis khususnya rumah-rumah ibadah”, jelas Hairul.

Di samping itu, PLN juga telah memastikan ketahanan stok bahan bakar pembangkit tersedia cukup selama masa siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk dapat melapor melalui aplikasi PLN Mobile jika terdapat gangguan kelistrikan maupun pengaduan permasalahan kelistrikan lainnya yang dialami”, tutup Hairul. (EVA)

Exit mobile version