PLN Hadirkan Listrik untuk Dusun Kudilale-Buru

PLN berhasil menghadirkan listrik untuk warga Dusun Kudilale, Desa Waedanga, Kecamatan Fena Leisela, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)- PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk menghadirkan listrik bagi seluruh masyarakat, termasuk hingga desa-desa terpencil.

Kali ini, PLN berhasil menghadirkan listrik untuk warga Dusun Kudilale, Desa Waedanga, Kecamatan Fena Leisela, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Adapun kini sebanyak 22 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Kudilale dapat menikmati listrik dari PLN dan dalam waktu dekat akan ada penambahan 10 KK lagi.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara menyampaikan bahwa untuk melistriki dusun kudilale, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 3,59 kilometer sirkuit (kms), dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 0,383 kms, dan satu unit gardu distribusi dengan kapasitas 50 kVa.

“Untuk dapat mencapai dusun Kudilale ini, tim dari PLN membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam melintasi medan berbukit, menembus hutan dengan jalan yang berbatu dan tikungan yang tajam. Tetapi semua itu terbayar dengan melihat senyum warga yang kini dapat memanfaatkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik,” katanya dalam rilis tertulisnya kepada Redaksi info-ambon.com di Ambon, Selasa (23/8/2022).

Adams juga menambahkan, PLN terus hadir hingga ke pelosok-pelosok terpencil dan akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kelistrikan kepada masyarakat. “Listrik tidak hanya sekedar memberikan penerangan, lebih dari itu semoga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat”, jelas Adams.

Sepanjang tahun 2022 hingga Juli 2022, tercatat bahwa PLN telah melistriki 25 desa di Maluku dan Maluku Utara. Capaian ini menambah Rasio Elektrifikasi PLN di Provinsi Maluku menjadi 94,68% dan 93,43% di Provinsi Maluku Utara. Sementara itu, Warga Dusun Kudilale, Marteng, menyatakan rasa gembiranya dan mengapresiasi perjuangan petugas PLN untuk melistriki desanya.

“Akhirnya sekarang Listrik PLN sudah masuk,kami senang sekali. Sebelumnya setiap malam kami cuma pake lilin saja untuk penerangan. Tapi sekarang sudah ada listrik PLN, kita sudah bisa liatterangnya lampu. Terima kasih PLN, kami warga Kudilale sangat bersyukur”, ujarnya. (EVA)

Exit mobile version