PLN Gratiskan Pemasangan Baru Pelanggan Korban Gempa Maluku

Manager Komunikasi PLN Maluku-Maluku Utara, Ramli Malawat.

AMBON (info-ambon.com)-Sebanyak 252 unit rumah pelanggan PT.PLN Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara (MMU) rusak akibat diguncang gempa bumi kekuatan 6,8 SR pada 26 September 2019 lalu.

“Untuk pemasangan sambungan listrik untuk 252 unit rumah yang terdampak gempa akan dilakukan secara gratis, karena mereka merupakan pelanggan dan tanggungjawab kami,” kata Manager Komunikasi PLN Maluku-Maluku Utara, Ramli Malawat kepada wartawan di Ruang kerjanya, Jumat (4/10/2019).

Ia tambahkan, PLN melalui CSR juga akan memberikan bantuan senilai Rp175 juta dalam bentuk sumbangan sembako, peralatan mandi, selimut, dan tenda untuk pengungsi di Maluku.

Menurutnya, terdapat pula sebanyak 555 unit rumah lainnya di tiga yakni Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Seram Bagaian Barat terdampak gempa bumi, sistem kelistrikannya akan di perbaiki secepatnya.

Dikatakan, PLN juga akan melihat 252 rumah rusak berat itu seperti apa, akan di bicara bersama dengan BPBD Provinsi Maluku, karena sudah terkoordinir dengan tim posko bencana Provinsi Maluku.

“Prinsipnya PLN siap membantu dan kita juga bekerjasama dengan posko Provinsi, dimana tenda-tenda yang ditempatkan BPBD itu secara spontan langsung lampunya kita nyalakan. Juga di daerah-daerah atau ruang-ruang yang membutuhkan penerangan,” jelas Malawat

 PLN juga telah mengerahkan sebanyak 118 personel BKO yang ditempatkan di 18 posko. Dimana posko utama berada di Darussalam, Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah

“Hingga saat ini, kondisi sistem operasi kita mencapai 100 persen, sementara aset PLN seperti travo distribusi dan sejumlah tiang di Haruku ikut roboh, namun sistim ini yang sudah kami benahi adalah sistem 20 KP, kemudian travo distribusi sudah terpasang kembali, Karena saat itu secara spontan tim kami dapat menyelesaikannya, dan memastikan sistem kelistrikan sudah stabil,’’tutup Malawat.(EVA)

Exit mobile version