PLN Berhasil Relokasi Mesin PLTD 100 kW ke Pulau Matakus

Relokasi Mesin PLTD 100 kW ke Pulau Matakus.-dok-

AMBON (info-ambon.com)- Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah berhasil merelokasi mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) sebesar 100 kW dari Saumlaki ke Pulau Matakus. Pemindahan mesin PLTD ini bagian dari upaya PLN untuk menyediakan akses listrik yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Desa Matakus.

“Relokasi ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk mewujudkan pemerataan listrik di seluruh Indonesia dan mencapai rasio elektrifikasi 100 persen,” ucap General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula dalam rilis tertulis yang diterima Redaksi info-ambon.com di Ambon, Selasa (13/6/2023).

Proses relokasi mesin PLTD tersebut bukanlah tanpa tantangan. Meskipun menghadapi kesulitan akibat surutnya air laut yang membuat kapal tidak dapat mendekat ke pantai, PLN tetap berhasil menurunkan PLTD dalam kondisi baik.

Baca juga:BPJN Maluku Dukung Wujudkan Visi Misi Presiden di Bidang Infrastruktur

Pekerjaan relokasi ini dipimpin oleh Team Leader Pembangkitan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Saumlaki, Stivano Ang Liesay, yang berhasil mengatasi kendala tersebut dengan keahlian dan pengalamannya.

Dengan relokasi mesin PLTD ini, Desa Matakus akan segera menyala dengan cahaya listrik yang menyambut kemajuan dan perubahan yang akan datang. Selama ini, masyarakat di pulau ini belum dapat menikmati manfaat listrik yang menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dengan kehadiran PLTD, Desa Matakus akan mengalami transformasi signifikan.

Hadirnya listrik di Desa Matakus ini, diharapkan akan terjadi perubahan positif dalam kehidupan masyarakat. Akses terhadap pendidikan, layanan kesehatan, dan teknologi akan menjadi lebih mudah. Selain itu, aktivitas perekonomian dan kesempatan kerja di Desa tersebut juga akan meningkat, memberikan dampak yang positif bagi masyarakat setempat.

Baca juga:Pemprov Maluku Evaluasi Pelaksanaan Eksport Triwulan I

“PLN akan melaksanakan uji coba operasi untuk memastikan bahwa PLTD beroperasi dengan baik dan dapat memberikan pasokan listrik yang stabil ke Desa Matakus. Kami berharap bahwa proses uji coba ini akan berjalan lancar dan hasilnya memuaskan sehingga Desa Matakus dapat menikmati manfaat listrik yang berkelanjutan,” ujar Manager PLN UP3 Saumlaki, Hengky Purbo Lesmono.

Kata dia, PLN sebagai perusahaan energi nasional juga mendukung sepenuhnya program pemerintah untuk mewujudkan pemerataan listrik di seluruh Indonesia. Dalam upaya mencapai rasio elektrifikasi 100 persen, PLN terus melakukan berbagai inisiatif dan proyek untuk menyediakan akses listrik yang lebih luas, terutama bagi daerah-daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) maupun sulit dijangkau.

PLN berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mewujudkan akses listrik yang merata di seluruh Indonesia. Melalui proyek-proyek seperti relokasi PLTD ini, PLN berharap dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, sehingga Indonesia dapat mewujudkan visi menuju negara yang sejahtera dan terhubung melalui energi listrik. (EVA)

Exit mobile version