PLN Berhasil Alirkan Listrik di Dua Desa di Bursel

Buru Selatan (info-ambon.com) – Ditengah keterbatasan akses jalan, PLN berhasil mengalirkan listrik dua desa terpencil di Kecamatan Fena Fanfan, Kabupaten Buru Selatan, yaitu Desa Uneth dan Desa Fakal. Sekitar 176 Kepala Keluarga kini bisa menikmati listrik PLN. Pembangunan listrik untuk menerangi desa-desa di kawasan 3T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar) merupakan upaya PLN mewujudkan keadilan energi bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kami bersyukur dengan tantangan yang ada, seperti akses jalan yang sulit kita dapat menyelesaikan pembangunan infrastruktur untuk melistriki Desa Uneth dan Fakal,” tutur General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Romantika Dwi Juni Putra dalam rilis tertulis yang di terima info-ambon.com, Sabtu (22/8/2020).

Akses jalan berupa perbukitan yang belum beraspal membuat beberapa kali alat transportasi yang digunakan tidak bisa sampai ke lokasi, sehingga material harus dibawa secara manual dengan dipanggul oleh petugas. “Terutama saat hujan, itu makin sulit. Rekan-rekan kita di lapangan kadang harus tarik truknya, kadang tiang harus gotong royong memanggul tiang,” ujar Romantika.

Untuk melistriki Desa Uneth dan Desa Fakal, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2 kilometer sirkuit (kms) dan 2 buah Gardu Distribusi berkapasitas 50 kiloVolt Ampere (kVA). “Terlepas dari tantangan tersebut, tentu tujuan utama kami adalah bagaimana PLN dapat hadir menerangi saudara-saudara kita yang masih terbatas dalam menikmati listrik. Semoga dapat bermanfaat bagi kegiatan sehari-hari dan kegiatan usaha masyarakat,” pungkas Romantika.(IA-EVA)

Exit mobile version