PLN Bangun Anjungan Listrik di Ambon

AMBON (info-ambon.com)- PLN terus mendukung kegiatan ekonomi di sektor perikanan dan kelautan dengan menyediakan Anjungan Listrik Mandiri (ALMA). Setelah sebelumnya sukses menyediakan ALMA di Ternate, kini PLN membangun 2 (dua) ALMA di Ambon yaitu di Pelabuhan Ferry Galala dan Pelabuhan Hunimua.

Dengan total biaya investasi ketiga anjungan listrik senilai Rp 54,9 juta , anjungan listrik yang berada di Ambon sudah dapat digunakan mulai hari Senin (16/8/2021) ini oleh para pemilik kapal maupun untuk aktivitas di pelabuhan atau dermaga .

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, Yusrizal menyampaikan bahwa dengan memanfaatkan ALMA, para pelaku usaha perikanan dan kelautan khususnya pemilik kapal/fery dapat melakukan penghematan biaya operasional hingga 50 persen. “Dibandingkan menggunakan mesin genset berbahan bakar solar yang memakan biaya sekitar Rp 643.200 per hari”, ujar Yusrizal.

Diharapkan, hadirnya ALMA ini diharapkan dapat menunjang kegiatan ekonomi khususnya di sektor perikanan dan kelautan “Terutama untuk aktivitas di pelabuhan maupun dermaga dengan menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan”, tambah Yusrizal.

Pembangunan ALMA merupakan bentuk konkret pelaksanaan program Electrifying Marine yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor perikanan laut guna memenuhi kebutuhan layanan listrik temporer seperti penerangan kapal, coldstorage serta kebutuhan listrik lainnya di lokasi dermaga, pelabuhan hingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Program ini lahir sebagai wujud nyata transformasi PLN pilar Customer Focus dan Innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal.(EVA)

Exit mobile version