Pj Walikota Lepas 162 Jamaah Calon Haji Kota Ambon

Penjabat Walikota Ambon memberikan sambutan untuk melepas CJH asal Kota Ambon, Sabtu.-EVA-

AMBON (info-ambon.com)- Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, melepaskan 162 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Ambon. Di Aula Kantor Kementerian Agama Provinsj Maluku, di kawasan Tantui atas, Sabtu (18/6/2022).

JCH akan berangkat tanggal 24 Juni terbang Emberkasi Haji antara Makassar setelah itu, tanggal 25 Juni 2022 menuju Jeddah-Arab Saudi. Sebelumnya dilaporkan bahwa 165 JCH Kota Ambon akan berangkat. Namun tiga diantaranya orang warga Kota Ambon gagal, karena Kuota mereka diisi oleh JCH dari kabupaten/kota lain di Maluku.

Wattimena mengatakan, Ibadah haji merupaka salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan, bagi setiap umat Islam yang mampu untuk melaksanakan serangkaian ibadah, tentu di tanah suci Mekkah sesuai dengan ketentuan syariat Islam setiap umat Islam.

“Tentunya ini sangat mendambakan untuk menunaikan ibadah suci, karena sebuah kewajiban untuk kehormatan mendapatkan panggilan Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan yang maha kuasa, sehingga 165 JCH yang kini menjadi 162 JCH ia akan diberangkatkan dari Kota Ambon ke Embarkasi Makassar pada 24 Juni 2022 mendatang,” katanya.

Dengan begitu, pihaknya menghimbau untuk semua JCH Kota Ambon, agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan, pola hidup sehat, disiplin, lebih khusus mengatur pola makan, minum, istirahat yang cukup.

“Saya berharap JCH Kota Ambon dapat menjaga diri, meningkatkan kesabaran dan rasa syukur, menata niat yang tulus, dan mengingat tujuan beribadah haji untuk mendapat Kerinduan Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan,” harap Wattimena.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Kota Ambon F. Hassanusi menambahkan, keberangkatan JCH Tahun 2022 baru diketahui pada bulan Ramadan kemarin, sehingga persiapan hal-hal JCH terkesan tergesa-gesa karena sudan kepepet Waktu.

“Walaupun pelaksanaan JCH Kota Ambon tahun 2022 waktunya sudah mepet, itu tidak menyurutkan semangat kami selaku penyelenggara dan koordinator penyelenggaraan Ibadah Haji Kota Ambon berbahu-membahu bersama-sama dengan Pemkot Ambon, khususnya bersama Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekot serta Dinkes Ambon untuk merespon langkah-langka untuk merespon keputusan Pemerintah untuk Haji tahun ini,” akuinya.

Diketahui, para JCH sebelum diberangkatkan, Pemkot Ambon telah melakukan pelatihan serta bimbingan manasik haji bagi mereka. Selain itu, semua JCH sudah melakukan vaksin tahap pertama hingga ketiga. (EVA)

Exit mobile version