Pj Walikota Ambon: Utang Pihak Ketiga akan Diteliti Ulang

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena.

AMBON (info-ambon.com)- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan membayar utang kepada pihak ketiga sesuai keuangan Pemkot. Pasalnya, utang Pemkot Ambon, yang benar-benar utang, pasti akan dibayarkan sesuai kemampuan keuangan.

Dijelaskan, utang ini kalau ada itu harus diakui pemerintah sebagai utang. Tidak bisa utang yang dibilang-bilang saja, jika sudah diakui oleh pemerintah sebagai utang itu berarti seluruh prosesnya benar. Tapi kalau belum benar prosesnya belum bisa diakui sebagai utang.

Dikatakan, pihaknya akan melihat kemampuan keuangan Pemkot Ambon, setelah itu baru dikaji pembayarannya.

“Untuk jumlah itu belum dapat laporan resmi tapi menurut yang disampaikan masih ada, saya baru masuk. Saya harus lihat kemampuan keuangan seperti apa,” ungkap Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, yang harus lakukan rasionalisasi terhadap semua program yang sudah dirancang sebelumnya.

“Kan penetapan APBD di tahun 2022 sudah dilakukan di akhir 2021. Nah sudah berjalan 5 bulan ini. Nanti Kita lihat apakah masih bisa kita lakukan rasionalisasi untuk memenuhi kewajiban kita untuk membayar utang pihak ketiga,” ujar Wattimena.

Sebelumnya, dalam 11 program prioritas penjabat Walikota Ambon, salah satunya menyelesaikan utang pihak ketiga Pemkot Ambon.

Pasalnya, Pemkot masih diperhadapkan persoalan penyelesaian utang pihak ketiga, yang belum terselesaikan sampai dengan saat ini.

Catatan baginya hal ini telah menjadi atensi DPRD Kota Ambon kepada Pemkot. Bahkan hal ini juga dititipkan kepadanya.

“Selaku penjabat Walikota Ambon, saya akan melakukan langkah-langkah koordinasi dengan DPRD dan lembaga terkait lainnya, dalam rangka mengidentifikasi permasalahan ini, sekaligus upaya penyelesaiannya. Dalam rangka itu, dengan mencermati kondisi keuangan Pemkot saat ini, maka kebijakan refocussing anggaran, menjadi salah satu solusi,” tandas Wattimena. (EVA)

Exit mobile version