Pj Walikota Ambon Perintahkan Satpol PP dan Dinsos Amankan ODGJ yang Berkeliaran

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena.

AMBON (info-ambon.com)-Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) semakin banyak dan berkeliaran di sudut Kota yang bertajuk manise ini. Dengan begitu, Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena perintahkan Dinas Sosial (Dinsos) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Ambon,mengamankan merekauntuk di bawakan ke Rumah sakit jiwa.

“ODJG tidak bisa dibiarkan berkeliaran saya sudah bilang kepada Dinsos dan Satpol PP musti terbuka untuk melihat kondisi kota ini, kalau lihat di jalan langsung tangkap,” katanya kepada di Balai Kota Ambon, Jumat (3/1/2023).

Ditegaskan, Dinsos dan Satpol PP kota Ambon, harus ambil tindakan. Jangan menunggu masyarakat memberikan masukan baru bergerak. “ODGJ kita sudah tanggap masukan di rumah sakit jiwa. Karena ODGJ tidak ada cerita begitu lihat tangkap bawa ke rumah sakit jiwa,” tandas Wattimena.

Sementara itu, Nurhajaty Jasin menambahkan , pihaknya berhasil menangkap dua ODGJ dan sudah dimasukan ke rumah sakit. “Dua orang sudah dimasukan di rumah sakit,” katanya. Diakui untuk ODGJ yang lain masih berkeliaran itu masih sakit. Dinsos takut untuk tangkap mereka.

“Tugas kita kan merehabilitasi fungsi sosianya pasca pengobatan kalau dia telanjang di jalan itu dia masih sakit kita takut,” akuinya Ketika ditanya data ODGJ di Kota Ambon, Jasin mengakui lupa datanya. Yang pasti sebanyak 20 orang lebih miliki BPJS. “Untuk data semuanya saya lupa, nanti saya lihat data dulu,” ungkapnya. (EVA)

Exit mobile version