Pimpin Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasum Polri, Ini Pesan Kapolda

AMBON (info-ambon.com)- Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum, didampingi auditor dari Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Herukoco, M.SI., dan Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, SIK., SH., M.Hum. memimpin taklimat akhir audit kinerja Itwasum Polri tahap II tahun 2023.

Taklimat akhir audit kinerja pada aspek pelaksanaan dan pengendalian yang diselenggarakan di Polda Maluku dan jajaran, berlangsung di Rupattama Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (11/7/2023).

Auditor dari Itwasum, Brigjen Herukoco menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku. Pasalnya, selama pelaksanaan audit diberikan kemudahan, terutama fasilitas. Sehingga audit dapat berjalan lancar dan tertib sesuai rencana.

Tujuan utama dalam pelaksanaan audit kinerja yaitu untuk memberikan keyakinan yang memadai atas cekatan, kehematan, efisiensi, efektifitas pencapaian tujuan menjalankan tugas dan fungsi Polri. Audit kinerja juga dilakukan untuk memberikan peringatan sehingga dapat meningkatkan efektivitas manajemen psiko dalam menjalankan tugas dan fungsi Polri.

“Audit juga dilakukan untuk memberikan masukan yang dapat memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola dan penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Lotharia Latif, dalam sambutannya mengaku pengawasan dan pemeriksaan rutin oleh Itwasum Polri telah dilaksanakan. Juga telah berjalan dengan baik dan lancar.

“Dalam pelaksanaan tim telah menemukan berbagai temuan dan tentunya telah melihat secara langsung kondisi dan kendala yang dihadapi serta penentuan kebijakan yang tepat di masa mendatang,” kata Kapolda dalam rilis tertulis yang diterima Redaksi info-ambon.com, Selasa (11/7/2023).

Atas nama seluruh personel jajaran Polda Maluku, Irjen Latif menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada tim audit dari Itwasum Polri.

“Kami menyadari segala kekurangan dan keterbatasan yang ada serta saran dan masukan akan kami evaluasi dalam rangka meningkatkan pelaksanaan tugas yang lebih baik,” ungkapnya.

Apabila terdapat temuan, koreksi maupun atensi dari hasil hasil pemeriksaan yang diberikan disertai penjelasannya, Kapolda berharap kepada para Kasatker maupun Kasatwil agar segera dilakukan evaluasi, perbaikan dan ditindaklanjuti sebagai obyek audit. Sehingga ke depan tidak ditemukan temuan atau kesalahan yang sama di masa.

Kapolda juga berharap agar pelaksanaan program kerja dapat berjalan lebih efisien, efektif, transparan dan akuntabel. “Kita sangat menyadari bahwa keberhasilan seluruh program kegiatan hanya dapat terlaksana apabila diikuti dengan komitmen yang kuat dan didukung oleh seluruh personil jajaran Polda Maluku,” pintanya. (EVA)

Exit mobile version